Sukses

Anne Hathaway Minta Maaf kepada Kaum Difabel, Gara-Gara Penampilan di The Witches

Sebelum Anne Hathaway, Warner Bros juga telah meminta maaf atas penggambaran penyihir wanita di The Witches.

Liputan6.com, Los Angeles - Penampilan Anne Hathaway dalam film terbarunya, The Witches, ternyata mengundang pro-kontra publik. Seperti diketahui, dalam film yang diangkat dari karya penulis buku anak-anak ikonis Road Dahl ini, sang aktris berperan sebagai Grand High Witch. 

Dalam salah satu adegan, Anne Hathaway melepas penyamarannya dari wanita cantik menjadi penyihir yang mulutnya sobek, botak, dan kepalanya terlihat seperti memiliki parut yang besar. Jarinya juga hanya ada tiga. 

Rupanya penampilannya ini melukai hati kalangan difabel yang memiliki kondisi fisik tertentu. Dilansir dari E! News, Jumat (6/11/2020), Anne Hathaway mengucapkan permintaan maaf di Instagram miliknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pernyataan Anne

Dalam unggahannya, aktris 37 tahun tersebut membagikan video sejumlah orang yang memiliki bentuk tangan berbeda, seperti jumlah jari yang lebih sedikit maupun tak memiliki pergelangan tangan. Namun, mereka mengungkap tetap percaya diri dengan kondisi fisik mereka. 

"Aku baru-baru ini mengetahui bahwa banyak orang yang memiliki tangan dan kaki berbeda, terutama anak-anak, merasa sakit karena penggambaran Grand High Witch di The Witches," tutur Anne Hathaway dalam caption unggahannya. 

3 dari 5 halaman

Tidak Melihat Kaitan

Anne Hathaway mengungkap permintaaan maaf, meski ia telah berusaha bersikap sensitif mengenai kondisi yang dialami orang lain. 

"Sebagai seseorang yang sangat percaya dengan inklusivitas, dan sangat sangat benci kekejaman, aku harus meminta maaf atas rasa sakit yang ditimbulkan. Maafkan aku. Saat karakter ini disampaikan kepadaku, aku tidak melihat kaitan antara perbedaan lengan dan kaki dengan GHW (Grand High Witch), kalau aku melakukannya, pasti ini tak akan pernah terjadi," tuturnya. 

4 dari 5 halaman

Kepada Anak-Anak

Anne Hathaway mengungkap ia terutama merasa tak enak hati kepada anak-anak yang mengidap kondisi ini. "Aku secara khusus ingin minta maaf kepada anak-anak dengan tangan dan kaki berbeda: kini setelah aku lebih tahu, aku berjanji akan bertindak lebih baik. Dan aku berutang permintaan maaf secara khusus kepada semua orang yang mencintai kalian secara dalam, seperti aku mencintai anak-anakku sendiri: Maaf aku mengecewakan keluarga kalian," tuturnya.

Di pengujung unggahannya, peraih Piala Oscar 2013 ini menyertakan tautan akun organisasi @Lucky_Fin_Project untuk menyebarkan informasi lebih jauh soal orang-orang dengan kondisi tangan dan kaki berbeda.

5 dari 5 halaman

Interpretasi Baru

Sebelum Anne Hathaway, Warner Bros juga meminta maaf atas hal ini. Penggambaran penyihir wanita di buku Road Dahl yang memiliki "tangan seperti kucing" diinterpretasikan secara baru dalam film ini. 

"Tak pernah menjadi niat kami menjadikan makhluk fantastis yang bukan manusia ini sebagai representasi dari mereka," tutur perwakilan Warner Bros. 

Sekadar informasi, buku yang sama juga pernah diadaptasi dalam film ikonis tahun 1990-an dengan judul yang sama, dan dibintangi Anjelica Huston.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.