Sukses

Isu Stephen Chow Bangkrut, Dituntut Mantan Pacar hingga Gadaikan Rumah

Masalah pertama yang membelit Stephen Chow adalah persengketaannya dengan mantan kekasih, pengusaha properti Yu Manfung.

Liputan6.com, Hong Kong - Sebuah isu kurang enak kini santer terdengar mengenai sineas Mandarin ikonis Stephen Chow. Ia diberitakan bangkrut oleh sejumlah media.

Rupanya hal ini dipicu oleh sejumlah pertanda masalah finansial yang dialami Stephen Chow belakangan ini, yang diwartakan media daring Today, Senin (12/10/2020) lalu.

Stephen Chow rumornya menunggak utang dengan sejumlah pihak sebesar 270 juta dolar Hong Kong (HK$). Bila dikonversikan dengan kurs saat ini (1.901 rupiah) angkanya mencapai 513 miliar rupiah.

Masalah pertama yang membelit Stephen Chow, adalah persengketaannya dengan mantan kekasih, pengusaha properti Yu Manfung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tuntutan Mantan

Ini rupanya berawal dari rumah mewah yang selama ini ditinggali Stephen Chow, di The Peak, Hong Kong. Yu Manfung yang menjalin asmara selama 13 tahun dengan aktor 58 tahun tersebut mengajukan tuntutan, karena merasa berhak mendapat komisi dari perkiraan harga jual rumah ini.

Besarnya tak tanggung-tanggung, sekitar 10 persen atau setara dengan HK$ 80 juta. Menurut Manfung, sejauh ini ia baru menerima HS$ 10 juta. Namun menurut Stephen Chow, ini adalah pemberian semata, bukan komisi seperti yang dituntut sang mantan.

Kasus ini, akan mulai disidangkan November mendatang.

3 dari 5 halaman

Perjanjian Investasi

Selanjutnya, adalah rumor soal utang menggunung kepada sejumlah investor.

Pada 2016, bintang Shaolin Soccer ini membuat perjanjian bersama sejumlah investor. Kala itu perusahaannya disuntik investasi sebesar HK$ 1,33 miliar, dengan jaminan akan untung sebesar HK$ 1,04 miliar pada tahun keempat.

4 dari 5 halaman

Imbas Pandemi

Menurut penuturan sejumlah sumber, hingga tahun ketiga semuanya berjalan mulus. Total profit perusaahan mencapai HK$ 670 juta. Tapi karena pandemi Corona Covid-19, pada tahun keempat yang didapat investor hanya HK$ 160 juta.

Laporan penerimaan pada semester pertama 2020 memang belum keluar, tapi tampaknya hasilnya pun tak menggembirakan.

Bila hasilnya tak sesuai target di pengujung perjanjian, investor bisa memaksa Stephen Chow mempertanggungjawabkan hal ini.

5 dari 5 halaman

Gadaikan Rumah

Ada fakta lain yang menjadi petunjuk bahwa aktor sekaligus sutradara ini mengalami kesulitan keuangan. Juni lalu, ia diketahui menggadaikan rumah mewahnya yang ia tinggali, yang dipermasalahkan oleh Yu Manfung.

Kabarnya, ada pihak yang tertarik membeli rumah senilai HK$ 1,1 miliar ini, tapi Stephen Chow ogah menerima tawaran ini.

Saat artikel ini ditulis, belum ada pernyataan dari pihak Stephen Chow soal semua masalah finansialnya ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.