Sukses

BTS Bangkit dari Frustasi soal Corona Covid-19, berkat Wajah di Jendela

Liputan6.com, Seoul - Tahun ini, BTS kembali mendapat kehormatan untuk berbicara dalam satu sesi di Sidang Majelis Umum PBB ke-75.

Ini bukan yang pertama bagi RM dkk. Dua tahun lalu, BTS berpidato dalam kesempatan serupa dan berbicara soal mencintai diri serta berani bersuara.

Kini, BTS masih berbicara mengenai pesan untuk mencintai diri sendiri tapi dihubungkan dengan konteks pandemi Corona Covid-19 yang tengah melanda dunia.

RM BTS yang muncul pertama kali membuka pidato ini, menceritakan mengenai rasa frustasinya karena pandemi melanda. Ia mengatakan wabah ini tak pernah ia bayangkan sama sekali.

"Tur dunia kami dibatalkan, semua rencana dibatalkan, dan saya menjadi sendirian. Saya memandang ke atas, tapi tak bisa melihat bintang di langit," tuturnya, seperti terlihat dalam video yang diunggah di kanal BangtanTV, Rabu (23/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dunia Menyusut

Hal ini disambut dengan pernyataan Jimin, bahwa dunianya mendadak mengecil.

"Kemarin, saya menari dan bernyanyi bersama penggemar di seluruh dunia. Dan sekarang dunia saya menyusut, menjadi hanya sebuah kamar," tuturnya.

3 dari 5 halaman

Terasa Berbeda

Suga menambahkan, bahwa sebenarnya bukan hal aneh bila dunianya menyusut tiba-tiba.

"Saat saya melakukan tur, saya berdiri disinari cahaya terang dan sorak sorai meriah, tapi saat aku kembali ke kamar pada malam harinya, dunianya hanya selebar beberapa langkah," tutur sang rapper.

Tapi, kali ini ada yang berbeda. V mengungkap, "Rasaya lebih kesepian dan lebih sempit. Mengapa? Saya memikirkannya sangat lama."

4 dari 5 halaman

Wajah di Jendela

Namun, BTS kemudian berupaya untuk bangkit. "Saya tidak tahu siapa yang pertama kali memulainya. Kami merangkul semua emosi ini, dan kami bertujuh mulai membuat musik bersama," tutur J-Hope.

Sebuah sudut pandang baru, mereka temukan saat sedang mengerjakan lagu. "Satu malam saat kami bekerja, RM berkata ia tak bisa lagi melihat bintang, tapi saya melihat wajah kami di jendela. Saya melihat wajah kami semua," kata Jungkook.

Hal ini lantas menyadarkan mereka tentang siapa diri mereka.

5 dari 5 halaman

Cahaya dari Wajah

"Sekarang, lebih dari sebelumnya, kita harus mengingat siapa diri kita, dan hadapi siapa diri kita. Kita harus mencoba untuk mencintai diri sendiri, dan membayangkan masa depan," kata RM.

Sang leader BTS menambahkan, "Bila bintangnya tersembunyi, biarkan cahaya bulan yang memandu. Bahkan bila bulan tengah gelap, biarkan wajah kita menjadi cahaya yang menerangi dan membantu kita menemukan jalan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.