Sukses

Adele Tampil Berbikini dengan Kepang Bantu Afrika, Warganet Perang Pendapat

Adele dituduh melakukan cultural apropriation karena penampilannya ini. Tapi, ada juga yang membelanya

Liputan6.com, London - Unggahan terbaru Adele di Instagram pribadinya kembali menjadi sorotan. Kali ini bukan karena perubahan drastis fisiknya, melainkan karena pakaian dan gaya rambut yang ia kenakan.

Dalam unggahan pada Senin (31/8/2020), Adele tampil mengenakan bikini bergambar Bendera Jamaika. Sementara rambutnya ditata dengan gaya tradisional Afrika, yakni kepang Bantu atau Bantu knots.

Rupanya, Adele mengunggah foto ini untuk merayakan Notting Hill Carnival, yang batal digelar karena pandemi Corona. "Happy what would be Notting Hill Carnival my beloved London," tulisnya di kolom caption.

Hanya saja, unggahan Adele ini belakangan memantik kontroversi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cultural Apropriation?

Adele dituduh melakukan cultural apropriation karena penampilannya ini.

Sekadar informasi, istilah cultural apropriation kerap digunakan untuk menggambarkan tindakan seseorang dari suatu ras atau golongan, yang mengadopsi elemen kebudayaan dari ras atau golongan lain, tanpa memerhatikan nilai tradisi yang terkandung di dalamnya.

Istilah ini juga kerap dikaitkan saat kelompok mayoritas memanfaatkan elemen budaya dan tradisi milik kaum minoritas.

3 dari 5 halaman

Adele Dikritik

Sejumlah warganet merasa tidak sepantasnya Adele berdandan seperti itu. Salah satunya adalah jurnalis Amerika Serikat, Ernest Owens.

"Seakan 2020 tak bisa lebih aneh lagi, Adele memberikan kita kepang Bantu dan cultural apropriation yang tak diinginkan siapa pun. Ini secara resmi menandakan bahwa wanita kulit putih teratas di jagat pop bermasalah," cuitnya di akun Twitter pribadinya, yang di-retweet lebih dari 1.300 kali.

4 dari 5 halaman

Adele Dibela

Di sisi lain, banyak orang yang membela Adele, termasuk warga Jamaika.

"Untuk semua haters di sini (terutama orang Amerika), Karnaval Nottinghill adalah acara tahunan di London, yang tak peduli siapa dirimu, kamu semua berdandan untuk menghormati kultur Afrika/ Karibia yang ada di sini. Ini adalah waktunya perayaan dan apresiasi, jadi Adele berdandan dengan pas," tutur @sbryan333 di kolom Instagram Adele.

"Kadang orang kulit hitam Amerika marah besar padahal tak ada apa-apa. Tak ada yang salah dari Adele mengenakan bikini bendera Jamaika dan Kepang Bantu Afrika di kepalanya. Orang Arika suka. Orang Jamaika suka. Jadi kenapa orang Afrika-Amerika marah? Siapa yang membuat mereka jadi juru bicara budaya kulit hitam?" tutur @Tunnykvng yang di-retweet lebih dari 2 ribu kali.

 

5 dari 5 halaman

Reaksi Artis

Sementara itu, sejumlah artis dunia ikut mengomentari penampilan Adele.

Zoe Saldana mengeluarkan pujian dengan komentar, "You look right at home guurrrl."

Sementara supermodel Naomi Campbell menuliskan emotikon hati dan Jamaika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.