Sukses

Belajar dari Suami, Istri Youtuber Putra Siregar Sukses Jalankan Bisnis

Bersama sang suami, Putra Siregar, Septia juga meraup sukses dalam usaha toko ponsel PStore.

Liputan6.com, Jakarta - Septia Yetri Opani, istri dari YouTuber sekaligus pengusaha muda Putra Siregar, merasakan benar bagaimana kesuksesan tidak hadir secara instan. Tekad dan perjuangan yang tinggi, menjadi sebuah proses yang dibutuhkan.

Ada sejumlah fase negatif dalam membangun bisnis yang pernah dialaminya. Namun, dengan keyakinan yang teguh, kini ia memiliki bisnis pakaian wanita bernama @assyifa_exclusive. Bersama sang suami, Putra Siregar, Septia juga meraup sukses dalam usaha toko ponsel PStore.

Jauh sebelum sukses wanita kelahiran Perawang, 9 September 1996 ini, merupakan seorang karyawan di sebuah perusahaan di Batam. Saat itu, istri Putra Siregar ini bekerja dari jam 07.00 hingga 17.00 WIB, sementara tepat di jam pulang kerjanya, dia harus kuliah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Perjuangan Selama Kuliah

"Sering telat, dan dulu kalau telat disuruh keluar karena enggak boleh ikut jam pelajaran lagi," ujar Septia yang memiliki akun Instagram @septiasiregar17, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (16/8/2020).

"Saya kerja ya untuk ngebiayain kuliah saya. Karena saya bercita-cita ingin jadi seorang pebisnis waktu itu. Karena sering telat dan sering disuruh keluar karena telat jam pelajaran, saya memutuskan berhenti kerja dan coba berjualan online," lanjut Septia, yang kala itu kuliah di jurusan Manajemen Bisnis.

 

3 dari 6 halaman

Pertama Kali Berdagang

Pertama kali berbisnis, ibu dari Assyifa Ramadhani Siregar dan Muhammad Khalid Attar Siregar ini berdagang pakaian dengan sistem dropship.

Selanjutnya, dengan didukung suami, ia juga berjualan kosmetik melalui Instagram. Bahkan, Septia pernah juga menjalankan waralaba merchandise Atta Halilintar, AHHA.

"Saya banyak belajar dari suami saya, beliau juga mentor saya dalam berbisnis karena beliau lebih banyak pengalamannya, jadi saya sering mencontek ilmunya," ungkap Septia yang pernah menjadi juara pertama kejuaraan pencak silat semasa SMP di Batam.

 

4 dari 6 halaman

Kegiatan Sosial

Dengan menjalankan banyak bisnis, Septia berharap dapat menciptakan banyak lapangan pekerjaan, sehingga bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Sedangkan dalam kegiatan sosial, Septia sering membagikan sembako, mengajak anak-anak muda peduli terhadap lingkungan dan orang sekitar, serta menciptakan bibit-bibit pengusaha muda baru dengan melaksanakan kegiatan seperti terjun langsung ke lapangan.

Pada kesempatan yang sama, Septia juga bercerita bagaimana dia dan Putra Siregar (@putrasiregarr17) kali pertama menginjakkan kaki di Jakarta. "Saya dan suami waktu itu 2016 kali pertama ke Jakarta, mau buka toko HP kecil-kecilan di depan Holland Bakery Condet," kata Septia.

5 dari 6 halaman

Mencari Toko

Septia bersama suami harus berjalan kaki dari Asrama Rindam hingga ke Holland Bakery untuk mencari toko yang akan disewa. Hingga akhirnya Putra Siregar merasa cocok dengan salah satu toko di wilayah tersebut, karena ramai penduduk.

Ketika pertama buka, mereka hanya menjual beberapa unit ponsel. "Kita tidurnya di dalam ruko kecil ukuran 2 kali 2 meter. Tidur depan jalan raya, di ruko kecil, dan tidur di lantai," ungkap Septia.

Beberapa bulan sejak pertama buka, dagangan mereka sangat laris, bahkan seringkali kehabisan stok. Pembelinya sangat banyak, namun jumlah barang dagangan mereka benar-benar terbatas.

"Sekarang, ya alhamdulillah sudah banyak cabang PStore ya. Sekarang sudah dibagi-bagi per divisi, seperti laptop, tvstore, aksesoris. Ya, alhamdulillah banget, bisa ciptakan lapangan pekerjaan banyak juga," ucapnya.

6 dari 6 halaman

Kehadiran Anak

Kehidupan Septia dengan Putra Siregar pun semakin lengkap dengan kehadiran dua orang anak.

"25 Mei 2018, alhamdulillah kita dikaruniai anak yang cantik Assyifa Ramadhani Siregar. Alhamdulillah ya rezeki kayaknya semakin bertambah. Apalagi kita dikelilingi orang-orang hebat, masyarakat di sini juga baik-baik," ujar Septia.

"Tahun 2019, kita punya anak lagi, rezeki banget ya, anak cowok, ini pas banget sepasang. Muhammad Khalid Attar Siregar lahir 9 November 2019," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.