Sukses

Luna Maya Di-bully Gara-Gara Tak Pakai Masker Saat Bersepeda, Dokter Ingatkan Ini

Luna Maya kembali dirundung warganet gara-gara bersepeda tapi tak pakai masker. Apa kata dokter?

Liputan6.com, Jakarta Luna Maya kembali menjadi sasaran tembak warganet. Musababnya, ia tepergok bersepeda kala wabah Corona Covid-19 tanpa masker. Ia lantas konsultasi ke dokter spesialis olahraga.

Ngerti protokol enggak sih, ini artis kok enggak bisa mencontohkan yang baik. Begitu,” Luna Maya menirukan ocehan warganet. Ini membuat Luna Maya bingung.

“Saya bingung saja, kayak... oke gue sih kalau olahraga enggak mau mempertaruhkan kesehatan gue dengan menutup pakai masker,” keluhnya dalam video bertajuk “Luna Maya Dibully Gara2 Olahraga Sepeda Gak Pakai Masker, Apa Kata Pakar?”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Serbasalah

Video yang mengudara di kanal YouTube Luna Maya itu menampilkan gelar wicara singkat dengan komunitas pesepeda dan dr. Andi Kurniawan, yang pernah menjadi Ketua Tim Medis Kontingen Indonesia di Asian Games 2018.

Andi menyebut tim medis serbasalah menyikapi wabah Corona Covid-19. “Serbasalah ini dalam arti pertama, Corona ini menyebar melalui droplet atau melalui udara atau melalui aerosol itu sampai detik ini pun WHO masih bingung karena terus berkembang. Tapi yang pasti droplet,” Andi menjelaskan.

3 dari 5 halaman

Penelitian dari Belgia

Para ahli terus mengembangkan penelitian untuk memahami karakteristik virus Corona Covid-19 dan merancang vaksin guna membunuhnya. Andi lantas mengutip penelitian dari paramedis di Belgia.

“Penelitian dari Belgia yang menyatakan bahwa kalau naik sepeda, droplet itu bisa tertiup angin ke belakang sehingga harus 20 meter dengan jarak di depannya,” papar Andi, panjang.

4 dari 5 halaman

Sebaiknya Masker Dilepas

Rekomendasi jaga jarak fisik 20 meter saat bersepeda, rasanya mustahil diterapkan di Indonesia. Karenanya, wabah Corona Covid-19 diliputi ketidakpastian. Andi dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga mengadopsi kebijakan para dokter di Singapura. 

“Kalau olahraga, sebaiknya masker dilepas. Pulang dari olahraga masker dipakai lagi. Tapi melihat karakteristik orang Indonesia kita harus trik nih. Olahraga harus pakai masker itu case by case,” Andi mengakhiri. Luna Maya kemudian mengambil sikap. 

5 dari 5 halaman

Cek Kesehatan Berkala

Kalau merasa tak sehat atau tidak yakin dengan kemampuan sendiri, tunda dulu niat berolahraga. “Kalau mau bersepeda, kalau cuma mengumpulkan tiga atau empat teman enggak apa-apa. Kalau lebih, ditahan dulu,” bintang film The Doll 2 dan Sabrina bersiasat.

“Misalkan mampu, cek secara berkala untuk memastikan (status kesehatan) clear dan aman. Selalu dengarkan tubuhmu. Kalau merasa kuat dan sanggup untuk pakai masker dan berolahraga ya silakan,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.