Sukses

Kisah Pilu Rahmawati Kekeyi Ditolak Kerja dan Diusir karena Fisiknya

Liputan6.com, Jakarta Mendapati akun Instagram terverifikasinya hilang, Rahmawati Kekeyi, menyampaikan klarifikasi pada Senin (6/7/2020), lewat kanal YouTube pribadinya yang diikuti lebih dari sejuta orang.

Di tengah klarifikasi, Rahmawati Kekeyi menangis tersedu-sedu mengingat, membesarkan akun Instagram @rahmawatikekeyiputricantikka23 hingga mendapat contreng biru butuh waktu dua tahun.

“Bukan karena aku tak ikhlas, tapi karena mengingat perjuangan aku, tuh susah banget. Seakan, aku tuh kayak merenung sebenarnya apa salah aku? Aku berjuang pagi, siang, sore, malam, bahkan tak ada yang tahu rasa sakit yang aku alami,” ucap Rahmawati Kekeyi.

 

2 dari 5 halaman

Aku Pengin Mama Pulang

Dalam video berdurasi lebih dari 20 menit itu, ia ketakutan. Pasalnya, akun Instagram yang hilang itu selama ini dipakai untuk mencari nafkah. Rahmawati Kekeyi meminta ibunya tak usah bekerja. Ia siap menggantikan posisi sebagai tulang punggung keluarga.

“Dan aku pengin Mama pulang, biar aku aja yang bekerja. Mama aku di rumah saja. Banyak yang aku hasilin alhamdulillah dengan Instagram tersebut. Aku berterima kasih,” ia menyambung.

3 dari 5 halaman

Di Situ Aku Diusir

Setelah aku Instagram amblas, Rahmawati Kekeyi tak tahu lagi harus bekerja apa. Wanita berjilbab ini menyatakan, mencari kerja bukan hal gampang. Ia mengenang kisah pilu saat melamar kerja di toko namun diusir. Penolakan ini didasari alasan menyakitkan.

“Aku cuma takut kalau misalnya nanti aku enggak bekerja di sosmed, aku kerja apa? Aku ingat waktu dulu, waktu aku melamar pekerjaan di toko-toko bahkan setelah melamar pekerjaan, di situ aku diusir dan dibilang: Kamu bisa apa kerja di sini? Sakit,” paparnya.

4 dari 5 halaman

Aku Bisa Menghidupi Mama

Penolakan tak membuat Rahmawati Kekeyi menyerah. Ia bangkit dalam doa dan berjuang hingga akhirnya menemukan wadah bernama YouTube dan Instagram.

“Aku bahagia, karena setidaknya aku bisa bekerja. Aku bisa menghidupi Mama aku. Aku bisa menghidupi diriku sendiri,” imbuh Kekeyi. Instagram dan YouTube memungkinkan ia bekerja tanpa harus keluar rumah. Saat Instagram hilang, ketakutan datang. 

5 dari 5 halaman

Aku Takut Itu Terjadi Lagi

“Aku takut pekerjaan di luar sana, aku takut kalau misalnya enggak diterima. Aku takut kayak kemarin, di mana aku melamar kerja, di mana belum dilihat file yang aku bawa, tapi aku ditolak mentah-mentah karena fisik aku,” kata Kekeyi dengan air mata berlinang. “Aku takut itu terjadi lagi,” ia menambahkan.

Diberitakan sebelumnya, akun Instagram terverifikasi Rahmawati Kekeyi dinonaktifkan pihak Instagram Indonesia. “Jadi, akun Instagram aku dinonaktifkan oleh pihak Instagram. Aku juga enggak tahu apa kesalahan di situ. Ada yang bilang ke aku, itu karena report dari netizen,” akunya.