Sukses

Rina Nose Idap Gangguan Mental Obsessive Compulsive Disorder, Ini Kisahnya

Rina Nose Akui Idap Obsessive Compulsive Disorder alias OCD. Ia menduga karena faktor genetik dari orangtua.

Liputan6.com, Jakarta Rina Nose salah satu artis yang telaten meladeni pertanyaan dan komentar warganet. Baru-baru ini, Rina Nose ditanyai keputusannya memelihara anjing dan cara membersihkan najisnya. Ia pun bereaksi.

Bagi saya memelihara anjing itu tidak lebih buruk dari memelihara hewan lainnya. Sebelum ada mereka, standar kebersihan di rumah kami sepertinya memang sudah jauh di atas standar orang-orang dengan tingkat kebersihan ‘normal'," ujar Rina Nose.

Warganet mengingatkan Rina Nose, membersihkan kenajisan akibat bersinggungan dengan anjing merepotkan. “Perlu anda ketahui bahwa hal itu sungguh bukan masalah besar bagi saya. Kebersihan bukanlah hal yang merepotkan bagi saya,” Rina Nose membalas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kebiasaan Aneh

Rina Nose menyampaikan penjelasan ini lewat akun Instagram terverifikasi miliknya, Kamis (11/6/2020). Bintang film Rumah Kentang mengunggah lima foto dan sebuah video berkonten aksi hewan peliharaan di kediamannya.

Rina Nose lantas bercerita, kali pertama ke Jakarta, belum punya hewan peliharaan. Kala itu ia mandi setiap merasa berkeringat. Kebiasaan ini dianggap aneh oleh orang sekitar.

3 dari 5 halaman

Gangguan Mental

Cara mandi Rina Nose kerap membuat kulit kering karena berkali memastikan tak ada kotoran yang menempel di sela tubuhnya. Belakangan diketahui, kebiasaan ini bagian dari gangguan mental yang disebut Obsessive Compulsive Disorder.

Ya, saya OCD (Obsessive Compulsive Disorder) yang merupakan gangguan mental yang mengharuskan saya memastikan segala sesuatu secara berulang-ulang, dan jika tidak dilakukan maka saya akan merasa cemas!” aku Rina Nose.

 

4 dari 5 halaman

Cemas Berada di Tempat Umum

Inilah yang membuat Rina Nose sregep menjaga kebersihan, kerapian, dan kesesuaian dalam segala hal. “Mungkin ini turunan genetik dari ibu saya. Atau mungkin juga karena ibu saya terbiasa bersih dan rapi sejak saya masih kecil,” imbuhnya.

Bersih dan rapi adalah keharusan. Karenanya, Rina Nose cemas saat ke toilet umum. Ia membersihkan dudukan toilet dengan alkohol berkali-kali. Pun ia cemas melihat sobekan kertas atau sisa tisu yang kena air berserakan di lantai. Ia juga cemas melihat orang lain meninggalkan jejak kotor di suatu tempat.

5 dari 5 halaman

Mempertanyakan Kebersihan

Inilah yang masalah yang dialami Rina Nose saat berada di tempat umum dan berhubungan dengan orang lain. Ini sepenggal cerita tentang Rina Nose yang tidak banyak diketahui publik.

Jadi kalau ada yang mempertanyakan kebersihan saya dan rumah saya karena saya memelihara anjing, justru sebaliknya saya yang akan mempertanyakan kebersihan kalian walaupun kalian tidak memiliki binatang peliharaan,” pungkas Nyonya Josscy Vallazza Aartsen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.