Sukses

6 Potret Pangeran Philip Masa Muda, dari Letnan Gagah hingga Momen Pernikahan

Pada hari ulang tahun Pangeran Philip ke-99 yang jatuh hari ini, tak ada salahnya mengilas balik perjalanan hidupnya lewat foto-foto masa lalu.

Liputan6.com, London - Pangeran Philip berulang tahun yang ke-99 hari ini, Rabu (10/6/2020). Tak ada selebrasi meriah dalam menyambut momen instimewa ini. Tentu saja karena Inggris masih diliputi keprihatinan atas wabah Corona Covid-19.

Pangeran Philip memperingati ulang tahunnya bersama sang istri, Ratu Elizabeth II, yang telah berada di sisinya selama tujuh dekade. Nama Pangeran Philip belakangan jarang disebut ketimbang sang istri. Apalagi, ia memang telah pensiun dari tugas kenegaraan sejak Agustus 2017.

Nah, dalam momen istimewa Pangeran Philip ini, tak ada salahnya mengilas balik perjalanan hidup pria bergelar Duke of Edinburgh ini lewat foto-fotonya di masa lalu. Yuk, disimak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Diungsikan dalam Peti Jeruk

Dikutip dari situs resmi Kerajaan Inggris, Pangeran Philip adalah anak kelima dan lelaki satu-satunya Pangeran Andrew dari Denmark dan Yunani. Ia lahir pada 10 Juni 1921. Karena kondisi Yunani tak menentu, keluarga Pangeran Philip meninggalkan negara tersebut saat sang pangeran berusia 18 bulan.  

Proses evakuasi ini berjalan menegangkan. Demi keselamatan, sang paman yakni Raja George V memerintahkan Pangeran Andrew dan keluarga segera dibawa ke tempat aman oleh Angkatan Laut Kerajaan. Pangeran Philip kecil dibawa dengan ranjang bayi dari peti jeruk. 

Kakek Pangeran Philips, Pangeran Louis, mengubah nama keluarga menjadi Mountbatten saat Perang Dunia I.

3 dari 7 halaman

2. Letnan

Pangeran Philip masuk ke Angkatan Laut Inggris pada umur 18 tahun, mengikuti jejak sang kakek. Ia adalah seorang kadet cemerlang yang mendapat predikat terbaik. Ia bahkan menjadi Letnan Pertama di kapal dalam usia yang terhitung sangat muda, yakni 21 tahun. 

Tahun 1952 ia dipromosikan sebagai Komandan, tapi kariernya di Angkatan Laut berakhir setelah Raja George VI, ayah Elizabeth II, meninggal dunia dan sang istri harus naik takhta.

 

4 dari 7 halaman

3. Pernikahan

Pada Juli 1947, Kerajaan Inggris mengumumkan pertunangan Letnan Philip Mountbatten dengan Putri Elizabeth. Empat bulan kemudian, tepatnya tanggal 20 November, keduanya menikah di Westminster Abbey.

Untuk menikahi Elizabeth II, Pangeran Philip dinaturalisasi menjadi warga Inggris dan melepaskan titel kebangsawanan dari garis keluarganya. 

5 dari 7 halaman

4. Aktif

Polo dikenal sebagai olahraga para bangsawan. Pangeran Philip juga aktif melakukan olahraga ini, termasuk yang direkam dalam foto Associated Press yang diambil pada 20 Juni 1965. Dalam pertandingan yang digelar di halaman Kastil Windsor, tim Pangeran Philip keluar sebagai pemenang. 

6 dari 7 halaman

5. Dampingi Istri

Sejak Ratu Elizabeth ditahbiskan sebagai orang nomor satu di Kerajaan Inggris, Pangeran Philip setia menemani sang istri. Termasuk dalam kunjungan resmi kenegaraan, seperti yang terlihat dalam foto di atas. 

Foto ini diambil saat kunjungan mereka ke Nassau, Bahama, pada 15 Oktober 1977. 

7 dari 7 halaman

6. Keluarga

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip memiliki empat anak. Yang tertua adalah sang putera mahkota, Pangeran Charles kelahiran 1948, disusul Putri  Anne dua tahun kemudian. 

Setelah Ratu Elizabeth naik takhta, dua buah hati mereka lahir ke dunia, yakni Pangeran Andrew pada 1960 dan Pangeran Edward, enam tahun berselang. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.