Sukses

Riri Riza Beberkan Asyiknya Nonton Film Lewat Ponsel Pintar, Seperti Apa?

Saat bioskop ditutup sementara akibat wabah Covid-19, Riri Riza menonton film lewat platform digital dan ponsel pintar. Ternyata asyik juga.

Liputan6.com, Jakarta Wabah Corona Covid-19 yang meluas di Indonesia membuat sejumlah jadwal syuting film terkoreksi. Riri Riza salah satu sineas yang terdampak. Riri Riza menyebut 2020 bertetapan dengan 20 tahun Miles Films berkarya bagi industri sinema Tanah Air.

Ada beberapa proyek layar lebar yang disiapkan Riri Riza bersama Mira Lesmana untuk merayakan 20 berkarya. Konon, salah satunya sekuel film Petualangan Sherina. Dikonfirmasi soal ini, Riri Riza memberi kode.

“Ya, 20 tahun lalu kami membuat Petualangan Sherina. Mudah-mudahan rekan jurnalis masih ingat. Ini 20 tahun yang penting,” tuturnya. Petualangan Sherina turut menandai bangkitnya industri film Indonesia. Riri Riza pun memahami kerinduan masyarakat pada bioskop.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penuh Ketidakpastian

Dalam situasi yang penuh ketidakpastian ini, sutradara Laskar Pelangi mengajak masyarakat tetap di rumah. Lagipula kecanggihan teknologi memungkinkan publik menonton film dari platform digital dan ponsel pintar.

“Platfom digital dan ponsel pintar salah satu alternatif hiburan yang bisa kita akses sambil menanti fase new normal,” beri tahunya. Ada beberapa film yang asyik ditonton lewat gadget. Misalnya, film yang menampilkan adegan pidato atau penyampaian literasi, terdengar lebih jernih via gawai dengan earphone di kuping.

3 dari 5 halaman

Apresiasi Film Dokumenter

“Selain itu saya nonton film dokumenter dan film pendek lewat ponsel pintar. Visual dan detail warnanya tidak kalah apik,” kata Riri Riza. Ia menambahkan, “Meski menonton lewat gadget, kita bisa menciptakan suasana privat di rumah atau kamar agar tidak terdistraksi lingkungan sekitar.”

“Orang bilang, nonton film via platform juga bisa dipause atau dijeda,” imbuh sineas kelahiran Makassar, 2 Oktober 1970. Riri Riza menyampaikan ini dalam digital press launch Oppo Find X2 Ultimate Talks, Kamis (4/6/2020). Dalam kesempatan itu, ia bercerita pengalaman bikin film pendek dengan ponsel.

 

4 dari 5 halaman

Bikin Film Pendek

April 2020, Riri Riza bikin film pendek berdurasi 1 menit dan 2 detik bertema #StayHomeStayExciting lalu diunggah di akun Instagram terverifikasi miliknya. Fitur kamera dan mikrofon yang menyerap suara dari sumber utama maupun di sekeliling, memudahkannya mengabadikan adegan.

Narsumber lain, Creative Strategic Communications Oppo Indonesia, Livia Setyabrata. Ia mengingatkan, karena sering dipakai untuk bikin atau menonton film, kebersihan gadget patut diperhatikan.

 

5 dari 5 halaman

Samuel Wongso dan Rio Dewanto

“Bersihkan pakai tisu basah atau tisu (bertekstur lembut) dengan disinfektan lalu diusapkan perlahan di ponsel kita. Terbukti aman. Di sisi lain, pengguna harus rajin membersihkan diri dengan cuci tangan,” ia mengimbau.

Diskusi The Ultimate Talks by Oppo Find X2 Series and Forbes Indonesia sendiri telah mengudara di kanal YouTube sejak 29 Mei 2020 dengan narasumber beragam, antara lain Samuel Wongso dan Rio Dewanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.