Sukses

Jungkook BTS - Mingyu Seventeen Akui Langgar Imbauan Social Distancing

Liputan6.com, Seoul - Senin (18/5/2020), muncul berita tentang Jungkook BTS, Mingyu Seventeen, Jaehyun NCT, dan Cha Eun Woo Astro yang bikin mengelus dada. Dilansir dari KStarlive dan Koreaboo, media Korea Dispatch memberitakan bahwa keempatnya jalan-jalan ke restoran dan kelab di Itaewon pada 25  April lalu.

Padahal, pada tanggal 25 April Pusat Pengontrolan penyakit di Korea mengeluarkan imbauan agar warga Korea berhati-hati dan kembali menekankan tentang pentingnya social distancing untuk mencegah penularan Corona Covid-19.

Lokasi pertemuan Jungkook BTS dkk, Itaewon langsung menjadi catatan publik. Seperti diketahui, pada awal Mei muncul klaster baru kasus Corona Covid-19 yang diduga bermula di kelab yang berlokasi di wilayah ini.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Langsung Dites

Untungnya, keempatnya kemudian langsung menjalani tes untuk menemukan apakah tertular Corona. Hasilnya, keempatnya dinyatakan negatif.

Hanya saja, beberapa dari nama ini tak mematuhi seruan karantina mandiri. Pemerintah Korea Selatan telah mengeluarkan kebijakan bahwa siapa pun yang mengunjungi kelab di Itaewon pada 24 April sampai 6 Mei, wajib mengarantina diri selama 14 hari.

3 dari 6 halaman

Tak Karantina

Namun Cha Eun Woo menggelar sejumlah promosi comeback-nya, termasuk dalam acara CulTwo Show, Hidden Track, Music Bank, dan Show! Music Core. Sementara Jaehyun NCT diketahui menjadi MC acara musik Inkigayo pada 26 April, serta 3 dan 10 Mei.

Mingyu dan Jungkook diketahui tidak memiliki jadwal resmi.

4 dari 6 halaman

Big Hit Entertainment

Tak berapa lama, agensi yang menaungi BTS, Big Hit Entertainment mengakui bahwa Jungkook memang mendatangi Itaewon.

"Benar bahwa Jungkook mendatangi Itaewon. Namun, pada saat itu, ia tidak mengunjungi lokasi yang sama dengan kasus positif pada awal Mei, dan dia datang ke sana seminggu sebelum kasus ini muncul," tutur juru bicara Big Hit, seperti diwartakan SBS News.

Big Hit menyebut Jungkook juga kini telah melakukan introspeksi diri. 

"Sang artis merasa sangat menyesal karena tidak berkontribusi sepenuhnya dalam usaha social distancing yang dijalani masyarakat," tutur sang juru bicara. 

 

5 dari 6 halaman

Pledis dan Fantagio

Hal serupa juga dikonfirmasi oleh Fantagio yang menaungi Cha Eun Woo, serta Pledis yang membawahi Mingyu Seventeen.

"Kami mengonfirmasi Cha Eun Woo mengunjungi Itaewon pada 25 April," tutur juru bicara Fantagio.

"Kami minta maaf karena menimbulkan kerisauan atas laporan tentang Mingyu Seventeen yang mendatangi Itaewon," kata perwakilan Pledis.

Seperti Jungkook, agensi ini menyebut sang artis mengintrospeksi diri. "Mingyu merenungi secara mendalam sikapnya yang kurang pantas, tidak mematuhi imbauan pemerintah di masa social distancing," tutur wakil Pledis. 

6 dari 6 halaman

SM Entertainment

Yang terakhir membuat pengakuan adalah SM Entertainment. "Pada 25 April, Jaehyun menyambangi restoran dan bar di wilayah Itaewon, tapi tidak datang ke kelab yang dipermasalahkan, dan kunjungannya tujuh hari sebelum kasus yang telah dikonfirmasi," tutur perwakilan SM. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.