Sukses

Aura Kasih Blak-blakan Cerita Novel Renjana Terinspirasi dari Lagu Glenn Fredly

Liputan6.com, Jakarta - Aura Kasih buka suara soal novel berjudul Renjana yang ditulisnya beberapa waktu lalu. Banyak yang mengaitkan novel tersebut dengan lagu Glenn Fredly dengan judul yang sama.

Sebagian besar menganggap bahwa novel yang ditulis Aura Kasih itu adalah perjalanan dan kisah yang ia alami bersama Glenn Fredly.

Terkait hal tersebut, Aura Kasih memberikan tanggapannya saat berbincang dengan Melaney Ricardo untuk konten YouTube-nya yang diunggah pada Kamis (14/5/2020). Aura Kasih sendiri mengakui bahwa novel yang ia tulis itu terinspirasi dari lagu Glenn Fredly.

"Sebenarnya itu terinspirasi dari lagunya almarhum Glenn, dia bikin lagu itu. Terus aku bilang, 'Di antara semua lagu lu, ini sih ter-the best, simpel, kayak aduh kok ini bagus banget Renjana'," aku Aura Kasih.

 

2 dari 5 halaman

Izin

Aura Kasih sendiri mengaku tidak yakin untuk siapa Glenn Fredly membuat lagu tersebut. Namun yang pasti, ia memiliki keinginan untuk membuat sesuatu dari lagu tersebut.

"Jadi gue ambil beberapa lagunya almarhum tuh yang menurut gue tuh ada spirit-nya, ada soul-nya. Si 'Renjana' ini gue enggak tahu dia bikin buat siapa, itu dia bikin 2012. Gue bilang 'Ini lagu buat gue boleh enggak sih? Aku mau bikin tulisan atau apa pun lah'," kata Aura Kasih.

3 dari 5 halaman

Novel

Akhirnya, pada 2018 lalu Aura Kasih merampungkan novel Renjana.

"Nah di 2018 itu akhirnya gue sempurnain si tulisan ini. Memang udah dibikin dari 2015 udah izin, kebetulan kita waktu itu masih tetap berhubungan. Pada akhirnya ya udah, gue bikinin buku. Di situ juga di novelnya ditulis memang dari lagu 'Renjana'-nya Glenn Fredly," papar Aura Kasih.

4 dari 5 halaman

Fiksi

Adapun mengenai isi dari novel tersebut, Aura Kasih menegaskan bahwa kisah di novel tersebut adalah fiksi. Namun ia tidak membantah bahwa ada beberapa pengalaman yang ia tuangkan dari kehidupan pribadinya.

5 dari 5 halaman

Kehidupan Pribadi

"Kalau terinspirasi dari cerita kehidupan pribadi yang dimasukin sih ya paling beberapa lah, cuma lebih ke karakter aja. Tapi kalau premisnya ya itu fiksi, tapi ada beberapa yang memang karakter dimasukkan, tapi selain itu ya novel," tutup Aura Kasih.