Sukses

Jon Bon Jovi Mengajakmu Bikin Lagu Penyemangat Hadapi Corona, Mau Bantu?

Liputan6.com, Los Angeles - Wabah virus Corona Covid-19 ternyata tak hanya membuat Jon Bon Jovi prihatin belaka. Kreativitasnya ikut bangkit, ia membuat lagu baru untuk membangkitkan semangat publik di tengah wabah virus ini.

Dalam unggahan Instagram-nya pada 23 Maret 2020 lalu, Jon Bon Jovi menceritakan latar belakang lagu bertajuk "Do What You Can" atau "Lakukan Apa yang Kau Bisa" tersebut.

Dalam video yang ia unggah, Jon Bon Jovi menyatakan kini dunia memasuki masa yang penuh ketidakpastian.

"Tapi aku yakin kita bisa melaluinya. Sekarang, aku ingin melakukan hal terbaik yang bisa kulakukan, yakni duduk dengan gitarku dan berusaha menuangkannya dalam kata-kata. Untukmu, mungkin bisa mencerahkan harimu," tutur frontman band Bon Jovi tersebut.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sudah Setengah Jadi

Pria 58 tahun ini mengatakan bahwa ia sebenarnya sudah menulis bait pertama maupun chorus lagu. Tapi ia meminta bantuan publik untuk menulis bait kedua dengan cerita mereka masing-masing.

"Ceritakan apa yang kalian hadapi. Ceritakan padaku bagaimana perasaanmu," kata Bon Jovi.

3 dari 5 halaman

Ceritakan Apa Pun

Ia menyebut bahwa apa pun bisa diceritakan lewat lagu ini.

"Ceritakan padaku, kalau kamu merasa sakit, soal wisuda di sekolah yang dibatalkan, soal prom yang mungkin tak akan digelar, tentang bayi yang akan lahir dan kamu tak bisa berbuat apa pun. Tentang kehilangan uang gajianmu. Cerita tentang ketakutan — menatap ke luar jendela dan berpikir soal apa yang akan kamu lakukan atas semua ini. Hanya saja, ingat, kita bisa melaluinya," tuturnya menambahkan.

4 dari 5 halaman

Pahitnya Kondisi Dunia

Jon Bon Jovi kemudian menyanyikan petikan lagu ini. Lirik awal lagu ini berisi pahitnya kondisi dunia sepanjang beberapa minggu terakhir.

Soal perbatasan antar-negara yang ditutup, sekolah yang diliburkan, juga kesulitan keuangan yang dihadapi sebagian kalangan menyusul imbauan karantina.

5 dari 5 halaman

Optimistis

Namun bagian chorus lagu ini memiliki nuansa optimistis. Berikut petikannya:

 

"When you can't do what you do, you do what you can (Saat kamu tak bisa melakukan apa yang biasa kau lakukan, lakukan apa yang kau bisa)

This ain't my prayer, it's just a thought I'm wanting to send (Ini bukan doaku, hanya pikiran yang ingin kusampaikan)

Round here we bend but don't break, down here we all understand (Di sini kita bersusah payah tapi jangan sampai patah, di sini kami semua mengerti)

When you can't do what you do, you do what you can (Saat kamu tak bisa melakukan apa yang biasa kau lakukan, lakukan apa yang kau bisa)"

 

 

Bagaimana, tertarik membantu Jon Bon Jovi?