Sukses

Menang Piala Oscar 2020, Sutradara Parasite: Kau Yang Terbesar Martin Scorsese

Liputan6.com, Jakarta - Kejutan besar datang dari malam puncak Piala Oscar 2020 yang digelar di The Dolby Theatre in Hollywood, Los Angeles, AS, Minggu (9/2/2020) atau Senin (10/2/2020) waktu Indonesia.

Di kategori Sutradara Terbaik, di luar dugaan, sineas asal Korea Selatan, Bong Joon-Ho membawa pulang Piala Oscar 2020. Lewat Parasite, Bang Joon-Ho menjadi Sutradara Terbaik.

Dalam malam puncak Piala Oscar 2020, Bang Joon-Ho mengalahkan kandidat terkuat yakni Sam Mendes (1917). Bang Joon-Ho juga mengalahkan tiga kandidat lainnya yakni Martin Scorsese (The Irishman), Todd Phillips (Joker) dan Quentin Tarantino (Once Upon a Time in Hollywood).

2 dari 5 halaman

Syok

Bang Joon-Ho tampak syok saat namanya disebut sebagai pemenang. Dengan raut muka tak percaya, ia naik panggung dan menggenggam Piala Oscar.

“Setelah menang Film Berbahasa Asing Terbaik, saya berpikir ini akan selesai dan bisa relaks, tenang. Ternyata tidak,” ungkap Bong Joon-Ho.

3 dari 5 halaman

Kau Yang Terbesar, Martin!

Ia pun menangis saat berdiri di hadapan para sineas kelas dunia. Sambil menatap idolanya, Martin Scorsese, Bong Joon-Ho berujar, “Saya berterima kasih kepada yang terbesar, Martin Scorsese.”

“Saat sekolah saya mempelajari film karya Martin Scorsese yang dinominasikan oleh Oscars,” ujar Bong Joon-Ho seraya menyadari, “Masyarakat Amerika Serikat mungkin belum familier dengan karya saya.”

4 dari 5 halaman

I Love You, Quentin

Yang menarik, Bong Joon-Ho menyampaikan kecintaannya pada Quentin Tarantino. “Quentin, I love you!” cetusnya. Yang tak kalah kocak, di pengujung pidato, Bong Joon-Ho kembali berujar, “Terima kasih, dan saya akan minum-minum sampai keesokan pagi.”

Kemenangan ini sekaligus melegitimasi Parasite sebagai kuda hitam bursa Oscars 2020.

5 dari 5 halaman

3 Piala

Hingga artikel ini disusun, Parasite telah menang 3 Piala Oscar untuk Film Berbahasa Asing, Sutradara, dan Skenario Asli Terbaik.

Parasite dalam Oscars 2020 meraih 6 nominasi yakni Film, Sutradara, Film Berbahasa Asing, Skenario Asli, Penyunting Gambar, dan Tata Artistik Terbaik.