Sukses

Jelang Oscars 2020, Scarlett Johansson dan 7 Aktris Ini Raih 2 Nominasi Akting Dalam Semalam

Ada banyak fakta menarik seputar Oscars 2020. Salah satunya, pencapaian Scarlett Johansson.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak fakta menarik seputar Oscars 2020. Salah satunya, pencapaian Scarlett Johansson. Pemeran Black Widow ini belum pernah menjadi nomine Oscar. Tahun ini, untuk kali pertama Scarlett Johansson diganjar nominasi Oscar. Sekalinya dinominasikan, Scarlett Johansson dapat dua.

Oscars 2020 memberinya nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik lewat Marriage Story. Oscars 2020 juga mengakui Scarlett Johansson via Jojo Rabbit. Pencapaian ini bukan hal mudah.

Bahkan artis legendaris Meryl Streep pun belum bisa melakukannya. Prestasi ini menempatkan Scarlett Johansson sebagai aktris ke-8 dalam sejarah yang meraih dua nominasi akting dalam semalam. Showbiz Liputan6.com mengajak Anda kilas balik menilik tujuh aktris lain yang melakukannya. Siapa saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Cate Blanchett (2008)

Dua belas tahun lalu, dunia terperenyak dengan pencapaian Cate Blanchett. Ia mendapat nominasi ganda di kategori akting. Pertama, Pemeran Utama Wanita Terbaik lewat Elizabeth: The Golden Age. Kedua, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik melalui film penghormatan bagi musisi Bob Dylan, I’m Not There.

Sayang, ia pulang dengan tangan hampa. Di kategori pemeran utama, Cate Blanchett dijinakkan Marion Cotillard (La Vie en Rose). Di bidang pemeran pendukung, ia ditundukkan Tilda Swinton (Michael Clayton).

3 dari 8 halaman

2. Julianne Moore (2003)

Pada 2003, Julianne Moore membuat pukulan ganda. Ia nomine Pemeran Utama Wanita Terbaik dalam Far From Heaven. Pada malam yang sama, Julianne Moore diganjar nominasi Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di The Hours.

Julianne Moore pulang dengan tangan kosong. Komite Oscars memenangkan Nicole Kidman (The Hours) dan Catherine Zeta-Jones (Chicago). Setelah puasa kemenangan 12 tahun, akhirnya sang aktris membawa pulang Piala Oscar lewat Still Alice. Ia meraih Oscar setelah menang mutlak di BAFTA, SAG Award, dan Golden Globes.

4 dari 8 halaman

3. Holly Hunter (1994)

Inilah kemenangan yang menggemparkan dunia. Pada malam puncak Oscars 1994, Holly Hunter menjadi Pemeran Utama Wanita Terbaik lewat The Piano. Di film itu, ia tak mengucap sepatah kata pun.

Yang menarik, malam itu ia juga nomine Pemeran Pendukung Wanita Terbaik dalam The Firm. Sayang, Holly Hunter dikalahkan Anna Paquin, lawan mainnya sendiri di The Piano.

5 dari 8 halaman

4. Sigourney Weaver (1989)

Bintang film Aliens ini membukukan prestasi gemilang pada Oscars 1989. Namanya disebut di kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik (Gorillas in the Mist) dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik (Working Girl).

Dewi fortuna tak menaunginya malam itu. Oscars memilih Jodie Foster (The Accused) sebagai aktris terbaik dan Geena Davis (The Accidental Tourist) untuk aktris pendukung terbaik. Kemenangan Geena mengejutkan khalayak mengingat ia tidak masuk nominasi Golden Globes dan BAFTA.

6 dari 8 halaman

5. Jessica Lange (1983)

Jessica Lange salah satu aktris dengan karier sempurna lantaran meraih dua Piala Oscar kategori Pemeran Utama dan Pendukung Wanita Terbaik. Piala pemeran utama didapat lewat Blue Sky (1995). Piala pemeran pendukung diraihnya pada 1983 lewat Tootsie.

Pada 1983, Jessica Lange juga diganjar nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik dalam Frances. Sayang, langkahnya dijegal oleh the one and only Meryl Streep yang tampil total di Sophie’s Choice.

7 dari 8 halaman

6. Teresa Wright (1943)

Aktris dapat dua nominasi akting dalam semalam memang fenomena langka. Sekitar 40 tahun sebelum Jessica Lange, ada aktris yang menorehkan prestasi serupa. Pada 1943, Teresa Wright menang untuk Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di Mrs. Miniver. Ia juga nomine Pemeran Utama Wanita Terbaik dalam The Pride of the Yankees. Di kategori ini, ia kalah. Yang menang kala itu Greer Garson dalam Mrs. Miniver.

8 dari 8 halaman

7. Fay Bainter (1938)

Dalam catatan kami, Fay Bainter seniman pertama dalam sejarah dunia yang meraih dua nominasi Oscar kategori akting. Pertama, Pemeran Utama Wanita Terbaik lewat White Banners namun dikalahkan Bette Davis (Jezebel).

Kedua, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di film Jezebel. Di kategori ini, ia menang. Foto di atas adalah penampilan sang legenda dalam film Make Way for Tomorrow.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini