Sukses

Begini Kondisi Vidi Aldiano Pasca Operasi.

Liputan6.com, Jakarta Vidi Aldiano sempat membuat pengakuan mengejutkan. Melalui video di akun media sosialnya dia mengaku terkena penyakit kanker ginjal. 

Kini, Vidi Aldiano kondisinya belum sepenuhnya pulih. Kakak kandung penyanyi Vadi Akbar itu masih harus menjalani pengobatan. 

Lalu, seperti apa kondisi Vidi Aldiano pasca dilakukannya operasi? Berikut gambarannya.

 

2 dari 7 halaman

Masa Pemulihan 

Kanker ginjal yang diderita Vidi Aldiano mengharuskannya untuk menjalani operasi. Vidi melakukan operasi di Singapura. 

Pelantun lagu 'Status Palsu' ini mengatakan, pemulihannya pasca menjalani operasi tidak membutuhkan waktu yang lama. Ia menjelaskan hanya butuh waktu 3 minggu saja setelah operasi.

 

 

3 dari 7 halaman

Bisa ke Mal

"Iya ini udah tiga minggu setelah operasi. Sekarang udah bisa ke mal. Jujur baru ketiga kalinya gue keluar rumah semenjak sebulan yang lalu jadi bisa dibilang recovery-nya alhamdulillah cepet," ujar Vidi Aldiano.

 

4 dari 7 halaman

Masih Terasa Sakit

Pemulihan cepat yang dialami Vidi, tak menutup kemungkinan untuk dirinya kadang masih merasa sakit pada bagian bekas luka operasi. Vidi juga tak memungkiri, terkadang ia merasa sakit pada bagian lukanya itu. 

"Ini udah bisa berdiri, udah bisa jalan-jalan, walaupun masih ada sakit di bagian pas operasi tapi bisa bilang recovery-nya alhamdulillah," ujarnya.

 

5 dari 7 halaman

Rutin Kontrol 

Vidi Aldiano masih diharuskan untuk melakukan kontrol secara rutin. Kontrol ini dilakukan per 3 bulan guna memastikan kanker ginjal yang diderita tidak berkepanjangan. 

“Kontrol harus karena sudah kena, jadi harus kontrol. Bisa dikatakan sembuh total kalau misalnya for next year nggak ada lagi si kankernya, doain aja ini pertiga bulan ini ya harus ke Singapura berarti, butuh check up," kata Vidi.

 

6 dari 7 halaman

Dokter Tak Membatasi 

Setelah melakukan operasi, ternyata dokter Vidi di Singapura tidak membatasi kegiatan Vidi. Dokter menyarankan agar Vidi segera melakukan aktivitasnya ketika sudah merasa baik. 

"Enggak sih ya, sebenarnya dokter di Singapura kayak lumayan ngebebasin, karena dia tahu aku mempunyai kehidupan yang sangat berwarna. Katanya jangan sampe sakit ini membuat kehidupan kamu tidak berwarna lagi," ungkap Vidi.

"Kalau bisa, dia menyarankan, kalau udah recovery sebisa mungkin langsung bisa balik ke aktivitas sehari-hari, kayak nyanyi, sering olahraga itu nggak apa-apa," timpalnya.

 

7 dari 7 halaman

Kanker Ginjal di Sebelah Kiri

Dalam video pengakuan Vidi ungkap penyakitnya yang sempat membuat warganet heboh, ia menjelaskan ginjal yang terkena kanker adalah ginjal sebelah kiri. 

"Baru minggu lalu gua, baru dapat kabar bahwa gua punya cancer di, ginjal gua," Sebut Vidi dalam video itu (13/12/20).

"Tepatnya di ginjal kiri gua," lanjutnya.