Sukses

Putri Ayudya Dulu Kursus Teater, Kini Mengajar Akting

Liputan6.com, Jakarta Bicara soal guru, Putri Ayudya berbung-bunga. Bintang film Ratu Ilmu Hitam dan Gundala menyebut guru salah satu figur penting dalam hidupnya.

Sebelum debut di layar lebar lewat film Rock N Roll dan Guru Bangsa: Tjokroaminoto, Putri Ayudya kursus akting dan teater.

Di kelas itu, Putri Ayudya diajar oleh Iswadi Pratama, seniman panggung yang berkiprah di dalam dan luar negeri. Siapa sangka, kini Putri Ayudya menjuri bersama Iswadi Pratama di sebuah festival teater di Kudus, Jawa Tengah.

Bahkan, Putri Ayudya kini memiliki kesibukan baru menjadi dosen. Ia mengajar akting. Inilah alur hidup yang tidak disangka sekaligus membuat Putri Ayudya bangga.

2 dari 5 halaman

Kembali ke Titik Awal

"Surprise banget, saya bertemu guru saya. Mas Iswadi masih aktif di teater Titi Mangsa bareng Mbak Happy Salma. Dulu saya belajar akting dari Mas Is di kelas informal di Salihara Jakarta," ungkap Putri Ayudya kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta, Kamis (12/12/2019) siang. Di kelas Iswadi, Putri Ayudya angkatan pertama, periode 2014-2015.

"Dulu belajar darinya. Sekarang menjuri bersama, ini kesempatan istimewa. Makanya, 2019 saya sebut tahun yang mengajak saya kembali ke titik awal dan reuni," imbuh aktris kelahiran Jakarta, 20 Mei 1988.

3 dari 5 halaman

Mengajar Akting

Setelah belajar, kini Putri Ayudya mengajar. Mantan presenter Jejak Petualang ini mengajar acting for directors di SAE Institut Jakarta untuk satu semester. Tampaknya, Putri Ayudya punya bakat menjadi guru. Karenanya, ia diminta mengajar lagi.

"Saya mengajar satu semester dan kemarin ditanya kemungkinan mengajar lagi semester depan tapi tambah kelas. Pihak SAE menanyakan apakah jadwal saya ke depan memungkinkan mengingat saya masih aktif di dunia akting," Putri Ayudya menukas. Jadi guru, kata Putri Ayudya, sangat menyenangkan.

4 dari 5 halaman

Mengajar Sembari Belajar

"Saat saya mengajar, sejatinya saya sedang belajar dari murid-murid. Makin dalam mengajar, saya malah banyak belajar," imbuhnya. Boleh dibilang, pengalaman Putri Ayudya lengkap. Pernah jadi murid, kini jadi guru. Jangan salah, ia pun pernah memerankan guru di film Wonderful Life.

"Di situ saya beradu akting dengan Atiqah Hasiholan. Perannya terbatas, untuk memberi sudut pandang lain kepada pemeran utama dan anaknya. Dari sini saya melihat guru dengan perspektif berbeda," beri tahu Putri Ayudya.

5 dari 5 halaman

Guru dan Ruang di Layar Lebar

Ke depan, ia berharap karakter guru lebih punya ruang di layar lebar untuk memperkaya tema film nasional. Tahun depan tampaknya, film seputar guru lumayan banyak. Salah satunya, Guru-guru Gokil yang diproduseri Dian Sastrowardoyo.

Guru-guru Gokil dibintangi Gading Marten, Ibnu Jamil, Asri Welas, Boris Bokir dan Dian Sastrowardoyo. Syuting film Guru-guru Gokil telah selesai pada 16 Oktober 2019 di Leuwiliang, Parung, dan Jakarta. Guru-guru Gokil diproduksi BASE Entertainment, yang tempo hari meneror pencinta film Indonesia lewat Perempuan Tanah Jahanam.

Loading
Artikel Selanjutnya
Dian Sastrowardoyo Terinspirasi Charlize Theron dan Margot Robbie, Ada Apa?
Artikel Selanjutnya
Dian Sastrowardoyo Jadi Pemain, Produser, Sekaligus Penulis Naskah Film Guru-Guru Gokil