Sukses

Gersha Jagwani, Putri Pemeran Hans Si Doel Bantu Penderita Thalasemia

Gersha Jagwani sudah ditunjuk sebagai duta millenial Thallasaemia sejak 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Gersha Jagwani, anak dari aktor Adam Jagwani yang dikenal sebagai Hans di sinetron dan film Si Doel, rupanya sudah memiliki kepedulian yang besar terhadap masyarakat.

Gersha Jagwani mendatangi Rumah Sakit Harapan Bunda, Jakarta Timur, Kamis, (28/11/2019) untuk membantu para penderita Thalassaemia atau Thalasemia.

Diketahui, Gersha Jagwani sudah ditunjuk sebagai duta millenial Thallasaemia sejak 2019. Sehingga, besar harapan publik agar Gersha bisa memutus Thalassaemia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hampir 6 Bulan

"Jadi kalau untuk dia (Gersha), kita sudah mengikuti program Thalassaemia udah hampir 6 bulan ya," terang Adam Jagwani di RS Harapan Bunda.

"Jadi, di kantor orang tua saya ada salah satu employee-nya yang anaknya terkena Thalassaemia. Terus saya lihat kedua orang tua saya ikut bantu, saya jadi penasaran. Jadi pengin bantu juga," timpal Gersha mengenai keterlibatan dirinya.

3 dari 5 halaman

Kelainan

Thalassaemia atau yang di Indonesia dieja Thalasemia adalah suatu kondisi kelainan darah. Penyakit ini sudah menyebar di berbagai negara. Setiap tahun, ada sekitar 100 ribu anak yang lahir di dunia dengan mengidap Thalassaemia.

Berawal dari situ, Gersha Jagwani berharap agar sosialisasinya bisa membuka mata masyarakat mengenai penyakit yang jarang diketahui publik ini.

"Ini sebagai salah satu cara sosialisasi untuk menaikkan kesadaran, awareness, agar jumlah penderitanya enggak selalu meningkat," kata Gersha.

4 dari 5 halaman

Rajin Memeriksa Darah

Mendengar pernyataan putrinya, sang ayah menambahkan dengan mengimbau masyarakat agar selalu rajin untuk memeriksakan darahnya.

"Periksa darah saja, dan periksa darah untuk kategori Thalassaemia itu tidak lebih dari 100 ribu (rupiah). Jadi mungkin banyak banget yang belum tau soal Thalassaemia. Mungkin saya punya, tapi saya ketemu istri saya, dia enggak punya, itu bisa lewat. Tapi kalau ketemu yang punya, nah anak kita bisa kena," ungkapnya.

5 dari 5 halaman

Minimnya Kewaspadaan

Melihat terus bertumbuhnya angka pasien Thalassaemia, seolah menggambarkan minimnya kewaspadaan masyarakat terhadap penyakit yang jarang diderita ini.

Untuk itu, Gersha secara aktif akan mendatangi sekolah, universitas, dan rumah sakit untuk terus menyuarakan kewaspadaan terhadap penyakit ini.

Gersha juga akan melakukan sosialisasi agar bisa memutus mata rantai Thalassaemia dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tak malas memeriksakan diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.