Sukses

Menyambut Sumpah Pemuda, Ini Deretan Lagu yang Punya Semangat Jiwa Muda

Liputan6.com, Jakarta Setiap tanggal 28 Oktober, Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda sejak naskah Sumpah Pemuda diikrarkan 91 tahun silam. Tepatnya pada 28 Oktober 1928.

Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, banyak karya-karya di bidang musik yang menyuarakan semangat anak-anak muda. Mulai dari Chaseiro di era 70-an, hingga Slank di tahun 90-an memiliki karya-karya bernuansa pemuda.

Berikut ini lagu-lagu yang berkaitan dengan semangat pemuda di hari peringatan Sumpah Pemuda.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 5 halaman

Pemuda - Chaseiro

Pemuda merupakan album perdana kelompok vokal Chaseiro. Album ini dirilis pada tahun 1979. Lagu Pemuda merupakan lagu yang paling populer sampai saat ini.

"Pemuda" juga dinobatkan sebagai salah satu dari "150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa" oleh majalah Rolling Stone. Lagu tersebut kemudian sempat dibawakan ulang oleh band asal Jakarta, HIVI!. 

 

3 dari 5 halaman

Darah Muda

Di irama dangdut, Rhoma Irama juga memiliki karya yang menyuarakan tentang semangat dari anak muda. Tema tersebut dituangkan lewat lagu "Darah Muda".

Darah Muda juga menjadi soundtrack untuk film dengan judul yang sama pada tahun 1977. Lagu "Darah Muda" ini juga terangkum dalam album Soneta Volume 4 yang dirilis pada 1975.

 

4 dari 5 halaman

Mars Slankers

Dari unit rock, Slank tidak mau ketinggalan. Melalui salah satu nomor populernya di album Generasi Biru (2009), Slank menyuarakan semangat jiwa muda melalui lagu "Mars Slankers".

Lewat lagu Mars Slankers, Slank mengajak generasi muda untuk selalu kreatif dan produktif.

 

5 dari 5 halaman

Satu

Untuk generasi milenial, trio Gamaliel, Audrey, dan Cantika yang tergabung dalam GAC juga memiliki sebuah karya yang menyemangati generasi muda, lewat lagu berjudul "Satu". Lewat lagu tersebut GAC mengajak masyarakat untuk tidak boleh pesimis saat ada masalah.

"Satu, Api kita tak dapat dipadamkan. Satu, Karna tak ada yang bisa kalahkan hati", begitu potongan lirik dalam lagu tersebut yang mampu mengobarkan semangat dan optimisme.