Sukses

Pretty Boys Gagal Masuk Daftar Pendek FFI 2019, Tompi dan Desta Bereaksi

Sejumlah film laris gagal masuk daftar pendek FFI 2019.

Liputan6.com, Jakarta Festival Film Indonesia (FFI 2019) telah mengumumkan short list (daftar pendek) berisi 38 film panjang bioskop. Daftar pendek FFI 2019 berisi film yang sudah disaring dari seluruh film yang memenuhi syarat layak untuk ikut Piala Citra 2019. 

Lewat akun @festivalfilmid, pihak FFI 2019 menerangkan bahwa ada 5 kriteria dalam menyeleksi film untuk dimasukkan daftar pendek FFI 2019. Pertama, kejernihan gagasan dan tema yang relevan dengan perkembangan zaman. Kedua, teknis dan estetika berkualitas yang mendukung keutuhan gagasan dan tema.

Ketiga, merefleksikan profesionalisme dan keterampilan kreator dalam mewujudkan gagasan. Keempat, lugas memaparkan budaya inklusif dalam kebhinekaan Indonesia. Terakhir, orisinalitas. Artinya, memberi roh baru yang berbeda dari karya-karya sebelumnya. 

Sejumlah film laris gagal masuk daftar pendek FFI 2019. Selain film Dilan 1991 dan Suzzanna Bernapas Dalam Kubur, Pretty Boys karya Tompi tak lolos. Tompi bereaksi. “Artinya Pretty Boys masih kalah bagus sama pilihan yang sesuai latar belakang pendidikan dan taste kurator,” ujarnya.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Respons Tompi

Tompi menyampaikan respons lewat akun Twitter usai warganet mempertanyakan mengapa Pretty Boys tak masuk daftar pendek FFI 2019. “Kita doakan film Indonesia makin bagus terus. Yang belum masuk, jangan turunin standarnya. Wkwkwk!” sambung pelantun “Salahkah” dan “Sedari Dulu.” 

 

3 dari 5 halaman

Tim Kurator

Daftar pendek FFI 2019 didapat dari hasil penilaian tim kurator. Tim ini diperkuat para jurnalis, akademisi, serta praktisi perfilman yakni Nungki Kusumastuti, Lisabona Rahman, Hera Diani, Prima Rusdi, Tam Notosusanto, Makbul Mubarak, dan Rangga Wisesa.

 

4 dari 5 halaman

Bukan Berarti Jelek...

Desta yang menjadi aktor sekaligus produser Pretty Boys menimpali respons Tompi. “Kan film kita memang enggak bagus. Film kita, kan film ng***k. Mana masuk FFI film ng***k, Tom? :D” seloroh Desta. Suami Natasha Rizki percaya, tak masuk daftar pendek FFI 2019 bukan berarti film itu berkualitas buruk. 

 

5 dari 5 halaman

Bikin FFI Sendiri

Lagian enggak kepilih belum tentu karena karyanya enggak bagus. Siapa tahu yang milih enggak ngerti ;p Lagian memang kita butuh FFI? Kita buat FFI sendiri saja, Tom! :D #sutradaraSombong #produserCongkak,” canda Desta. (Wayan Diananto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini