Sukses

3 Alasan Film Kucumbu Tubuh Indahku Mewakili Indonesia di Oscars 2020

Film Kucumbu Tubuh Indahku karya sutradara Garin Nugroho.

Liputan6.com, Jakarta Terpilihnya film Kucumbu Tubuh Indahku mewakili Indonesia di ajang Oscars 2020 disambut hangat para pencinta film serta kritikus. Banyak yang memuji film garapan sutradara Garin Nugroho sebagai karya yang rapi, mudah dipahami, dan berhasil memotret salah satu kesenian Indonesia, yakni tari Lengger.

Terpilihnya Kucumbu Tubuh Indahku untuk melaju di Oscars 2020 disertai sejumlah alasan kuat. Salah satu anggota Komite Seleksi Oscars 2020 (The Indonesian Academy Awards Selection Commitee), Christine Hakim, menyampaikan ulasannya.

Christine Hakim menyebut ada sejumlah faktor yang menguatkan posisi film yang diproduseri Ifa Isfansyah itu sebagai wakil Indonesia di Oscars 2020.

“Kami memang sepakat memilih Kucumbu Tubuh Indahku. Pertama, karena film itu sebagai sebuah karya terlihat lengkap, kita ketahui bahwa film bukan hanya bahasa oral dan bahasa gambar. Tapi ada bahasa batin dan rasa,” ungkap Christine Hakim kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta, Selasa (17/9/2019). 

  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Adegan Percintaan

Peraih 8 Piala Citra itu mencontohkan adegan percintaan dalam Kucumbu Tubuh Indahku digambarkan tidak biasa dan tidak vulgar. Tapi dengan idiom-idiom yang ada dalam budaya Indonesia.

“Film ini mengusung kehidupan penari Lengger. Ini sekaligus bisa memperkenalkan betapa kayanya budaya Indonesia,” Christine Hakim mengungkap alasan kedua.

 

3 dari 3 halaman

Alasan Ketiga

Alasan ketiga, komite seleksi Oscars 2020 menilai Kucumbu Tubuh Indahku memiliki pesan yang kuat sekaligus relevan dengan kehidupan masyarakat Indonesia maupun dunia.

“Misalnya tema kemunafikan. Itu tergambar dalam adegan orang yang membuat hukum justru melakukan hal yang lebih buruk serta menganggap dunia ini milik sekelompok kecil orang saja. Orang yang dianggap tak bermoral tidak boleh ada di bumi yang notabene milik Tuhan,” sambungnya.

Christine Hakim berharap dunia menangkap pesan yang dibawa Kucumbu Tubuh Indahku. “Film ini memiliki pesan kuat di samping sebagai karya seni ia tampak kaya. Ceritanya digambarkan dengan apik oleh Mas Garin serta timnya,” tutup Christine.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.