Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Sam Smith Umumkan Panggilan untuk Identitas Gendernya, Bukan Pria atau Wanita

Liputan6.com, Los Angeles - Sam Smith rupanya selama ini memiliki pergulatan di dalam dirinya mengenai identitas gender. Berbeda dengan jenis kelamin yang bisa dibedakan secara fisik, identitas gender bersifat abstrak dan berkaitan dengan kesadaran dan pemahaman seseorang, seperti disarikan dari laman Wikipedia.

Setelah lama berpikir keras, Sam Smith akhirnya mencapai kesimpulan tersendiri. Dilansir dari BBC, Sabtu (14/9/2019), ia berada dalam kelompok non-binary: bukan pria maupun wanita.

"Setelah seumur hidup berperang dengan genderku aku memutuskan untuk merangkul diriku seutuhnya, luar dan dalam," tulis Sam Smith dalam unggahan Instagram miliknya, Jumat (13/9/2019).

Sekitar enam bulan lalu, penyanyi 27 tahun tersebut pernah mengungkapkan bahwa ia tak merasa dirinya merupakan pria maupun wanita. "Aku terapung di antara [keduanya]," tuturnya kala itu.

Hanya saja, karena bahasa Inggris memiliki kata ganti yang berbeda untuk wanita (she/her) maupun pria (he/him), lantas bagaimana dengan Sam Smith?

"Aku telah memutuskan untuk mengubah kata gantiku menjadi MEREKA," tulisnya.

 

2 dari 2 halaman

Merasa Beruntung

Sam Smith merasa dirinya begitu beruntung dikelilingi orang-orang yang mendukungnya. Namun ia sempat merasa deg-degan saat mengumumkan ini, karena tak tahu apa pendapat orang mengenai pengumumannya.

Ia juga berbesar hati bila ada orang yang masih keliru dalam menyebut kata ganti mengenai dirinya.

"Aku mengerti akan ada banyak kesalahan dan keliru dalam menyebutkan gender, tapi aku hanya memohon, mohon agar kalian mencobanya," tutur pelantun "Stay With Me" ini.

Loading
Artikel Selanjutnya
Untuk Pertama Kalinya, Sam Smith Pakai Sepatu Heels di Ajang Penghargaan
Artikel Selanjutnya
Top 3 Berita Hari Ini: Sam Smith Pakai High Heels di Acara Penghargaan