Sukses

Raditya Dika Menderita Autoimun, Anak Alami Gejala yang Sama

Liputan6.com, Jakarta - Raditya Dika mengakui dirinya menderita penyakit autoimun. Autoimun sendiri merupakan suatu penyakit di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat.

Raditya Dika sendiri mengaku sudah lama mengalami gejala-gejala autoimun tersebut. Hal itu disampaikan Raditya Dika saat menjadi bintang tamu dalam acara konten video YouTube yang dipandu Ussy Sulistiawaty dan Andika Pratama.

"Autoimun gue itu sebenarnya lebih ke kulit menjadi kering, terus timbul ruam kalau gue stres. Terus sendi-sendi itu jadi pegel dan tidak dapat dijelaskan lah kalau lagi stres tiba-tiba kok timbul reaksi kayak gini. Gue sebenernya udah ngalamin ini udah hampir enam tahun ya," kata Raditya Dika dalam video yang diunggah pada Senin (9/9/2019).

Rupanya bukan hanya Raditya Dika saja yang mengalami gejala tersebut di keluarganya. Adik bungsunya juga memperlihatkan gejala yang sama. Kini, putrinya, Alinea Ava Nasution, juga mengalaminya. 

 

2 dari 2 halaman

Gejala

Namun, Raditya Dika belum mengetahui pasti apakah putrinya juga mengidap autoimun seperti dirinya atau tidak. Yang pasti, gejala yang dialami sang buah hati itu tidak berbeda jauh dengannya.

"Nah adik gue juga punya permasalahan yang sama, Edgar, yang paling kecil. Anak gue sih di belakang kupingnya juga udah mulai kering-kering gitu, tapi enggak tahu kan kita belum bisa diagnosis kan, karena kan mirip-mirip sama gue tuh ada kering di belakang kuping lah, terus ada ruam-ruam merah," lanjut Raditya Dika.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kena Gejala Mata Kering, Raditya Dika Masih Pakai Gadget 15 Jam Sehari
Artikel Selanjutnya
Raditya Dika Belum Punya Rencana Batasi Gadget untuk Anak