Sukses

Ramai-Ramai Nyanyi Lagu Nasional di Dalam MRT

Mereka tergabung dalam Alumni SMA Indonesia Bersatu (ASIB).

Liputan6.com, Jakarta Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus, Selasa (20/8/2019) ramai dengan nyanyian wanita berkebaya. Mereka ramai-ramai menyanyikan lagu nasional sepanjang rute MRT Lebak Bulus-Bunderan HI. 

Aksi wanita yang tergabung dalam Alumni SMA Indonesia Bersatu (ASIB) itu juga berlanjut sampai keluar Halte MRT Bundaran HI. Beberapa lagu yang dinyanyikan seperti Indonesia Raya, Maju Tak Gentar, Bagimu Negeri ataupun Indonesia Pusaka dan lainnya.

Kegiatan yang dilakukan wanita-wanita berkebaya ini dilakukan dalam rangkaian untuk memeriahkan HUT RI Ke-74, selain itu para anggota ASIB ini juga bermaksud untuk mempopulerkan kebaya sebagai warisan budaya.

Selain itu, mereka juga ingin membuktikan kenyamanan naik MRT walaupun menggunakan baju nasional.

"Awalnya kita cari ide unik buat merayakan Hari Kemerdekaan lalu kepikiran pakai baju kebaya atau baju nasional, sekaligus mengajarkan juga kalau baju nasional tidak menghalangi kegiatan sehari-hari kita,” kata Sekretaris Jenderal ASIB, Dede Radin kepada wartawan di Kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2019).

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antusias

Sementara itu Metta ariesta, Wakil Ketua ASIB menceritakan antusiasme para alumni untuk berkebaya sambil naik transportasi umum. Katanya apa yang sudah dilakukan ini di luar dugaan.

Awalnya panitia hanya menargetkan 150 orang saja yang berpartisipasi, tapi dengan pemberitahuan di berbagai platform jumlahnya membludak hingga 500 orang yang sampai memenuhi seluruh gerbong MRT. 

"Awalnya 150 eh 500 yang ikut ternyata, kan kita masing-masing alumni juga sebarin ke grup masing-masing, akhirnya tadi gak kenal tapi kita gabung,” papar Metta.

Jiwa nasionalisme para wanita ini pun sangat menggelora ketika melakukan aksi berkebaya sambil naik MRT umum karena walaupun tidak saling kenal tapi mereka kompak mengenalkan budaya Indonesia.

"Senang banget ngelihat yang lain pakai baju tradisional bangga aja kita nggak kenal tapi kompak,” ujar Metta.

Para wanita-wanita itu diketahui merupakan Kelompok Paduan Suara yang terlibat dalam kegiatan Senandung Cinta Bangsa, antara lain PERWAMA – INA (Persatuan Wanita Maluku Indonesia), Alumni Mahasiswa Universitas Trisakti, Bina Vokalia, Team Musik Mahasiswa Universitas Kristen Indonesia, Rumah Cinta Indonesia (RCI), dan tak lupa Alana, penyanyi cilik berbakat berusia 11 tahun, turut menampilkan kebolehannya bernyanyi di dalam MRT.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.