Sukses

Selamat, Ulin Cilacap Terpilih jadi Juara 1 AKSI 2019 Indosiar

Ulin asal Cilacap menerima penghargaan di episode AKSI 2019 Indosiar Kemenangan, Selasa (4/6/2019) pagi ditayangkan live.

Liputan6.com, Jakarta AKSI 2019 Indosiar telah menuntaskan episode terakhirnya. Selasa (4/6/2019) telah terpilih juara Akademi Sahur Indonesia tahun ini, yaitu Ulin Cilacap.

Pria bertubuh mungil yang gemar mengenakan setelan beskap, kain batik dan blangkon di atas panggung ini menjadi juara 1 AKSI 2019 Indosiar, dalam kemasan live di stasiun televisi itu, Selasa dini hari.

Indosiar mengemas istimewa episode kemenangan kompetisi ustaz dan ustazah muda ini, Selasa dini hari tadi. Dari 30 peserta yang manggung sejak episode perdana 1 Ramadan atau 6 Mei lalu, tersisa 3 grand finalis, yaitu Ulin (Cilacap) Suwandi (Riau) dan Donidion (Bekasi).

Dan, Selasa dini hari AKSI 2019 Indosiar menelurkan jawaranya, yang terpilih dari akumuliasi penilaian dewan juri yaitu Mama Dedeh, Ustaz Wijayanto, Ustaz Alhabsyi dan Ustaz Subki Al Bhugury, serta polling SMS dari pemirsa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hanoman

Ulin asal Cilacap memang sudah digadang-gadang menjadi juara sejak babak-babak terakhir. Pria berwajah babyface ini punya ciri khas yang gampang membuat penonton jatuh hati. Bukan sekedar gaya penyampaian tausiyahnya yang seringkali menyelipkan bahasa ngapak, kampung halamannya.

Tapi, Ulin gemar tampil dengan kearifan lokal, yaitu bercemarah dengan busana khas pria Jawa: setelah kain batik, beskap lengkap dengan blangkon. Ulin pun membawa atribut wayang kulit, untuk menambah kekhasan penampilannya.

Seperti episode Selasa dini hari tadi. Bersama Ustazah Mumpuni, partnernya, Ulin Cilacap tampil dengan tema ceramah Hati Yang Baik. Ulin memberikan contoh tokoh cerita pewayangan Hanoman.

"Meski berwajah buruk tapi hatinya baik. Allah tidak melihat fisik seseorang, pangkat atau jabatan dan kekayaannya. Yang mulai di sisi Tuhan adalah orang yang baik, berhati baik," kata Ulin Cilacap sambil menunjukkan wayang kulit Hanoman di tangan.

3 dari 3 halaman

Pasangan Ngapak

Indosiar memberikan kesempatan pada 3 grand finalis untuk berkolaborasi dengan juara AKSI sebelumnya. Ulin didapuk berduet dengan Ustazah Mumpuni. Uniknya, pasangan ini dikenal sama-sama dari daerah ngapak, kawasan di Jawa Tengah pesisir utara atau selatan yang punya bahasa Jawa dengan aksen khas.

Alhasil, duet ngapak ini menjadi segar di panggung AKSI 2019 Indosiar Kemenangan Selasa dini hari tadi. Mumpuni Handayayekti bisa mengimbangi Ulin Cilacap dengan imbuhan tausiyah segarnya.

Ulin Cilacap berhak mendapat hadiah uang tunai Rp 100 juta sebagai juara 1. Selain itu AKSI 2019 Indosiar juga mengukuhkan Suwandi Riau sebagai juara 2 dan si kembar Donidion asal Bekasi sebagai juara 3.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.