Sukses

Rombongan Artis Dunia di Prambanan Jazz Festival 2019

Prambanan Jazz Festival 2019 kembali digelar pada 5, 6 dan 7 Juli 2019.

Liputan6.com, Jakarta Perhelatan musik tahunan, Prambanan Jazz Festival kembali digelar. Festival internasional yang pertama kali digelar tahun 2015 ini akan kembali menyuguhkan sebuah kolaborasi antara dua mahakarya, yakni mahakarya musik dan mahakarya Candi Prambanan. Festival musik yang digagas oleh Promotor Rajawali Indonesia. 

Pada penyelenggaraannya yang pertama beberapa tahun lalu, Prambanan Jazz Festival langsung memboyong pemain saksofon legendaris asal Amerika Serikat, Kenny G, yang berhasil memukau ribuan penonton dengan karya-karyanya yang spektakuler.

Sejak saat itu pula, mimpi besar serta kerja keras dari anak-anak bangsa Indonesia ini pun terus terwujud dan mimpi itu secara konsisten terus dibawa pada setiap tahun penyelenggaraan. Selain Kenny G, beberapa musisi international yang pernah tampil di antaranya Shakatak, Boyz II Men, Rick Price, Sarah Brightman, Boyzone, Diana Krall dan masih banyak lagi sederet nama lainnya.

Di tahun ini Prambanan Jazz akan memasuki edisi yang kelima, dan kali ini Prambanan Jazz Festival akan dipromotori oleh Rajawali Indonesia dan TWC (PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko). CEO Rajawali Indonesia, Anas Syahrul Alimi memaparkan, tahun ini Prambanan Jazz Festival akan digelar pada tanggal 5, 6 dan 7 Juli 2019. Acara ini akan memberikan banyak kejutan istimewa kepada para pecinta musik di Indonesia maupun dari mancanegara.

Salah satunya adalah dengan adanya “Panggung Millenial” yang secara khusus akan menampilkan musisi-musisi millennial terkini. Anas mengatakan, hal tersebut coba diwujudkan pada tahun ini dengan tujuan memberikan sesuatu yang spesial kepada generasi millenial. Para generasi muda ini diharapkan bisa mendapatkan kesan berbeda kala menikmati kemegahan Candi Prambanan, yang dipresentasikan secara bersamaan dengan alunan musik yang dimainkan oleh para musisi yang mewakili generasinya.

"Ini adalah momen yang sangat istimewa bagi para generasi millenial. Selain bisa menikmati keindahan Candi Prambanan, mereka bisa hangout di area festival sambil menikmati musik dari para musisi yang mewakili generasinya. Panggung Millenial sendiri akan digelar pada hari pertama penyelenggaraan Prambanan Jazz Festival 2019," tutur Anas saat jumpa pers di komplek Candi Prambanan, Yogyakarta, baru-baru ini.

Para musisi yang siap menyuguhkan penampilan terbaiknya di Panggung Millenial ini adalah artis internasional Calum Scott dengan lagu hitsnya “You Are the Reason” yang merajai Billboard Chart di seluruh dunia. Dan artis Indonesia di antaranya ada Tashoora, GAC, Sisitipsi, Abby Galabby, Danilla Riyadi, Calvin Jeremy, Yura Yunita, Ardhito Pramono dan beberapa nama besar lainnya. Kata Anas, Panggung Millenial sendiri akan digelar di panggung Hanoman dan bisa disaksikan sejak sore hari hingga tengah malam. Seperti perhelatan tahun-tahun sebelumnya, Prambanan Jazz kali ini tetap menggunakan dua panggung, yaitu Rorojonggrang Stage untuk special show, dan Hanoman Stage untuk festival show.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nama Besar

Direktur Utama PT. Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko, Edy Setijono melanjutkan, selain dengan banyaknya musisi hebat di Panggung Millenial, ada sederet nama besar yang akan menyihir para pecinta musik di Indonesia maupun mancanegara yang pada tahun ini akan hadir dalam gelaran ini. Beberapa nama besar tersebut adalah Yanni, Brian McKnight, Arturo Sandoval, Anggun dan masih banyak lagi. 

"Khusus Yanni, ini sangat spesial karena Yanni adalah musisi yang identik sering menggelar konsernya di situs-situs bersejarah dunia. Diantaranya pernah menggelar konser di Forbidden City China, Piramida Mesir, Toji Temple Japan, Coloseum dll. Tahun ini untuk pertama kalinya di Indonesia Yanni akan menggelar konser di Candi Prambanan, bangunan situs peninggalan sejarah dari abad ke 9. Yanni akan membawakan kembali karya-karyanya yang ada dalam album “Live at The Acropolis” sebagai bagian dari 25 tahun konser Yanni di Acropolis. Ini adalah suatu hal yang sangat istimewa sekali, Anda belum tentu akan menjumpai peristiwa kebudayaan ini 10 atau 20 tahun lagi,"jelas Edy.

Anas Syarul Alimi juga menambahkan Prambanan Jazz pada Juli mendatang akan ada penampilan dari Brian McKnight yang akan tampil dengan format The Brian McKnight 4. The Brian McKnight 4 merupakan konsep Brian McKnight yang sangat berbeda dan keren. Selain itu juga akan mengundang pemain terompet kelahiran Kuba yang pernah mendapatkan 10 penghargaan Grammy Awards. Ia adalah Arturo Sandoval. “Menurut saya ini adalah momen yang sangat langka dan fenomenal. Sangat disayangkan jika tahun ini tidak hadir untuk menyaksikan Prambanan Jazz,” ujar Anas.

 

3 dari 3 halaman

Artis Indonesia

Beberapa artis Indonesia yang akan tampil diantaranya, Tashoora, GAC, Ardhito Pramono, Abby Galabby, Danilla Riyadi, Sisitipsi, PJF Project, Calvin Jeremy, Yura Yunita, Jogja Hip Hop Foundation Jazz Version, Maliq D’Essentials, Rida Sita Dewi, Saxx In The City, Pusakata, Yovie & His Friends (Mario Ginanjar, Dudy Oris, Arsy Widianto, Brisia Jodie, 5 Romeo), Andien, Glenn Fredly, Tulus, Bali Lounge (Tompi, Lewis Pragasam, Rick Smith, Hari Toledo & Yongki), Ari Lasso. 

Tidak kalah menarik, pada gelaran Prambanan Jazz 2019 kali ini, ada sebuah project khusus yaitu PJF Project yang akan mengkolaborasikan 3 penyanyi wanita yang bergenre jazz, seriosa dan pesinden Jawa, tentunya ini akan menjadi sesuatu yang sangat keren.

Edy Setijono juga menuturkan sebagai bagian dari diplomasi budaya melalui media musik akan tampil Alex Mercado pada hari pertama, dia merupakan seorang pianis kelahiran Mexico, yang akan tampil di panggung festival sebagai bentuk dukungan dari kedutaan Mexico dalam perhelatan Prambanan Jazz tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini