Sukses

Anang Hermansyah Sepakat Batalkan RUU Permusikan, Kenapa?

Anang Hermansyah menyatakan akan menarik usulan RUU Permusikan ini kepada pimpinan DPR.

Liputan6.com, Jakarta - Polemik RUU Permusikan mulai menemui titik terang. Hal itu terjadi setelah Anang Hermansyah dan beberapa inisiator RUU Permusikan, menggelar pertemuan tertutup dengan para musisi yang tergabung dalam Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan, dan para personel Slank.

Dalam pertemuan yang dinamakan Konferensi Meja Potlot, dan dilaksanakan pada Kamis (14/2/2019) di Jalan Potlot III No.14, RT.1/RW.3, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Anang Hermansyah dan Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan akhirnya menemui kesepakatan.

Anang Hermansyah menyatakan akan menarik usulan RUU Permusikan ini kepada pimpinan DPR. Hal itu diketahui melalui unggahan di Instagram Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan pada Kamis (14/2/2019).

"Saya menangkap aspirasi dari teman-teman musisi terkait dengan RUU Permusikan ini untuk tidak dilanjutkan proses pembahasannya. Sebagai wakil rakyat, aspirasi ini tentu akan saya bawa ke Parlemen. Dalam kapasitas saya sebagai pengusul RUU Pemusikan, saya akan mengajukan surat penarikan RUU Permusikan ke Pimpinan DPR, selanjutnya agar dapat diproses sesuai mekanisme yang berlaku," kata Anang Hermansyah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dimulai dari Awal

Sementara itu, Glenn Fredly selalu perwakilan dari Kami Musik Indonesia, ia juga sepakat agar Rancangan Undang-Undang ini tidak dilanjutkan. Ada baiknya RUU Permusikan ini dimulai lagi dari awal.

"Saya pribadi setuju untuk memohon mendrop semua proses RUU Permusikan inisiatif DPR ini, agar kita semua bisa mulai lagi dari awal dengan melibatkan semua komponen ekosistem musik dan bermusyawarah mencari bentuk kebijakan apa yang terbaik bagi kepentingan industri musik maupun non industri musik Indonesia nantinya," kata Glenn Fredly mewakili Kami Musik Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Masa Depan Musik Indonesia

Tentu saja keputusan tersebut diapresiasi oleh Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan. Ini sejalan dengan ratusan ribu orang yang telah menandatangani petisi penolakan RUU Permusikan.

"Melalui diskusi yang mendalam, perwakilan Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan, Anang Hermansyah, Glenn Fredly dan Slank, sepakat untuk meminta DPR membatalkan RUU Permusikan. Langkah ini jelas sejalan dengan amanah lebih dari 270 ribu penanda tangan petisi yang berada di balik barisan Tolak RUU Permusikan. Ini demi masa depan musik Indonesia yang lebih cerah lagi," kata Edy Khemod mewakili Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.