Sukses

Pakai Belati di Film Zero, Shah Rukh Khan Dianggap Lecehkan Agama

Dalam sebuah poster Zero, Shah Rukh Khan terlihat mengenakan benda seperti Kirpan.

Liputan6.com, Mumbai - Film Zero yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan memang belum tayang. Namun, banyak pihak yang telah menantikannya. Pasalnya, dalam trailer film ini, tampak sang aktor memerankan pria bertubuh kerdil yang sedang jatuh cinta. Namun, rupanya Zero mendapat komplain dari satu kalangan di India.

Disampaikan Hindustantimes.com, Selasa (20/11/2018), film Zero mengundang protes dari komunitas pemeluk agama Sikh. Pasalnya, dalam sebuah posternya, Shah Rukh Khan terlihat mengenakan benda seperti Kirpan. Diketahui, Kirpan adalah belati kecil yang merupakan benda suci bagi kaum Sikh.

Alhasil, sebuah petisi pun dibuat untuk ditujukan kepada Shah Rukh Khan dan para sineas di film Zero. Menurut Amritpal Singh Khalsa, perwakilan komunitas Sikh yang melayangkan petisi, memakai Kirpan dengan cara seperti dalam film tersebut dianggap sebagai salah satu bentuk pelecehan.

Amritpal Singh Khalsa juga meminta agar adegan Shah Rukh Khan menggunakan benda seperti Kirpan itu dihapus saat tayang nanti. Ia juga menyorot benda seperti Gatra (sabuk yang biasa digunakan bersama Kipran) yang dikenakan sang aktor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hak Fundamental

"Saya rasa, hanya para Sikh yang memiliki hak eksklusif untuk memakai dan membawa Kirpan sesuai dengan Pasal 25 (kitab Sikh). Jadi, dia jelas mencederai pasal tersebut," kata Amritpal Singh Khalsa kepada ANI seperti disampaikan Hindustan Times.

"Kirpan dalam agama Sikh adalah hak fundamental kami dan cara Shah Rukh Khan memakai Kirpan, dia telah mempermainkannya. Banyak orang Sikh telah mengorbankan hidup mereka untuk Kirpan selama masa koloni Inggris sehingga dia tidak bisa mempermainkannya. Tidak ada larangan memakai Kirpan, dia bisa memakai Kirpan tapi dia harus mengikuti kode perilaku Sikh Rehat Maryada," ia menambahkan.

3 dari 4 halaman

Tanggapan

Informasi terbaru, Pengadilan Tinggi Mumbai rencananya akan mendengar petisi publik atas tudingan ini pada 30 November 2018 mendatang.

Menanggapi tudingan tersebut, tim film Zero telah memberikan tanggapan. Menurut mereka, gambar tersebut adalah belati yang dikenal sebagai 'Katar'.

"Gambar tersebut menunjukkan sebuah belati yang dikenal sebagai Katar dari anak benua India, sama sekali tidak mendekati 'Kirpan' yang membawa berkah yang luar biasa sebagai Khalsa," ujar mereka dalam sebuah pernyataan.

4 dari 4 halaman

Berhati-hati

Mereka juga telah mengklarifikasi bahwa para sineas telah berhati-hati untuk tidak menyakiti perasaan setiap komunitas, termasuk komunitas Sikh.

Selain Shah Rukh Khan, film Zero turut dibintangi Anushka Sharma dengan Anand L. Rai sebagai sutradara. Film ini akan dirilis pada 21 Desember 2018 mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.