Sukses

Indra Utami Tamsir Bikin Lomba Keroncong dengan Berkebaya dan Berkonde

Liputan6.com, Jakarta Eksistensi musik keroncong di Tanah Air tak bisa dilepaskan oleh para pejuangnya, para pencipta lagu, musisi,  juga artis-artisnya dengan penampilan yang khas, seperti Waljinah, Soendari Soekotjo, Tuti Maryati dan Indra Utami Tamsir.  Mereka kerap tampil berkebaya dan terlihat anggun. 

Dalam rangka terus memajukan musik keroncong dengan penampilannya yang khas itu, Indra Utami Tamsir  Production yang dipimpin oleh Diva Keroncong Indra Utami Tamsir menyelenggarakan Lomba Vokal Keroncong Wanita Berkebaya Tingkat Nasional 2018. Gagasan penyelenggaraan lomba dicetuskan Indra Utami Tamsir sepulang dari lawatan di Mesir, Mei 2018 lalu, dengan sambutan begitu meriah atas mengalunnya lagu ‘Bengawan Solo’ yang dibawakannya. 

"Saya ingin kembali melihat zaman kejayaan irama keroncong masa lampau yang begitu anggun dengan kebaya dan konde para penyanyinya," kata Indra Utami Tamsir, dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu (21/10/2018).

"Penyanyi keroncong yang berkebaya dan berkonde menggambarkan kelembutan wanita Indonesia dan bersahaja namun memiliki energi yang luar biasa," ujar  peraih AMI Award 2013 untuk kategori musik keroncong ini.

Dia pun kemudian menggagas dan menggelar 'Lomba Vokal Keroncong Wanita Berkebaya Tingkat Nasional'. Acara ini terbuka untuk umum (penyanyi wanita), dan digelar di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan syarat penyanyi peserta wajib mengenakan busana kebaya dan berkonde.

Dalam lomba yang akan digelar Jumat, 2 November 2018 mendatang, peserta membawakan satu lagu wajib (‘Kr. Wanita’) dan satu lagu pilihan yang tersedia, yaitu ‘Kr Tanah Air’,  ‘Kr. Roda Dunia’ ‘Kr. Dewi Murni’,  Kr. ‘Bandar Jakarta’ ‘Kr. Segenggam Harapan’.

 

2 dari 3 halaman

Hadiah

Untuk latihan peserta, lagu lagu yang disebut di atas sudah tersedia di Youtube official Indra Utami Tamsir. Para peserta nantinya akan diiringi secara ‘live’ oleh grup Orkes Keroncong “Dewanggo Nuswantara”. 

"Saya melihat remaja remaja masa kini berpotensi membawakan lagu keroncong. Namun tak semata mata vokalnya, melainkan juga jiwa dan penampilannya," kata wanita yang akrab disapa Mbak IUT.  Dengan uang pendaftaran Rp50 ribu, Indra Utami Tamsir menyediakan hadiah belasan juta rupiah.

3 dari 3 halaman

Melestarikan

Artis musik keroncong ibukota, kelahiran Blora, Jawa Tengah,  yang juga dikenal sebagai wanita pengusaha ini, merupakan salah satu figur yang giat melestarikan dan memajukan musik keroncong di Tanah Air. 

“Melestarikan irama keroncong dengan segala kendalanya merupakan perjuangan saya, sebagai bentuk rasa syukur karena memiliki seni yang demikian indah," kata wanita 44 tahun yang biasa dipanggil Mbak Tami ini.

"Di tengah kondisi bangsa yang semakin memanas karena berbagai permasalahan bangsa yang selalu menimbulkan pro dan kontra yang tajam,  kiranya lomba musik keroncong yang merdu bisa menyejukkannya," katanya lagi.

Untuk info selengkapnya bisa mengakses media sosial Indra Utami Tamsir, yakni  Instagram : @lombakeroncong_iut, FB Fanpage : Indra Utami Tamsir Official dan YouTube Channel : Indra Utami Tamsir Official . - *