Sukses

Meski Cantik, Isyana Sarasvati Ternyata Seringkali Selip Lidah

Liputan6.com, Jakarta - Cantik dan berbakat, begitulah kata yang pantas untuk disematkan kepada Isyana Sarasvati. Di usianya yang baru menginjak 25 tahun, Isyana Sarasvati telah banyak mendapat penghargaan lewat karya-karyanya di industri musik Tanah Air.

Namun, siapa sangka di balik kecantikan dan talentanya ternyata Isyana Sarasvati juga punya kekurangan. Pelantun "Tetap Dalam Jiwa" ini suka selip lidah atau yang dalam bahas sehari-harinya disebut belibet. Alhasil, beberapa kali ia tampak kesulitan dalam berkata-kata hingga salah ucap kata.

Bukan tanpa bukti. Akun di media sosial Youtube bernama Lynchibility membuat beberapa penggalan video yang menunjukkan bahwa Isyana Sarasvati suka selip lidah dalam berbicara. Video tersebut berdurasi 3.52 menit berjudul "BELIBET nya Isyana Sarasvati".

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bekali-kali Salah

Salah satu contohnya, saat ia diundang dalam acara talkshow yang dipandu oleh Desta dan Vincent. Beberapa kali ia salah mengucapkan kata "betul" menjadi "benul".

"Patah hati belum tentu sama cowok, benul enggak," ucap Isyana Sarasvati dalam penggalan video tersebut, membuat penonton dan pembawa acara tertawa.

Ketika ditanya oleh Vincent soal aplikasi musik, Isyana Sarasvati kembali mengulangi kata yang sama dengan menyebutkan benul.

"Pasti lebih banyak aplikasi musik di handphone lo," tanya Vincent.

"Benul," jawab Isyana, kembali salah mengucapkan kata betul.

"Benul lagi," kata Vincet sembari tertawa.

3 dari 5 halaman

Ibunda Tercinta

Tak sampai di situ. Untuk ketigakalinya Isyana mengulangi kata yang sama saat kembali ditanya oleh Vincent.

"Kesuksesan Isyana itu dari ibunda tercinta," tanya Vincet.

"Benul," kembali Isyana salah mengucapkan kata.

Selain kata tersebut, dalam beberapa potongan video lainnya, Isyana juga tampak pernah mengucapkan "beneng dor", "tersepona", dan "inspirasa".

4 dari 5 halaman

Komentar Warganet

Beberapa warganet mengomentari video tersebut. Banyak yang baru tahu Isyana suka selip lidah saat berkata-kata. Selain itu, banyak yang menganggap orang yang suka belibet saat berbicara adalah tanda-tanda orang sukses.

"Ciri orang jenius itu ngomongnya belibet dan tulisannya jelek. Karena gerak motoriknya ga bisa ngimbangin kecepatan berpikir," tulis @Eldias Mahdi Sastra.

"Tanda orang pinter. Otaknya lebih cepet dari mulut," komentar @yoggi anggoro dalam video tersebut.

5 dari 5 halaman

Spoonerism

Mengacu pada situs doktersehat.com, kondisi yang dialami oleh Isyana Sarasvati kemungkinan besar adalah spoonerism. Kondisi tersebut diketahui membuat seseorang terbolak-balik saat merangkai kata.

Spoonerism adalah kesalahan yang terjadi saat berbicara. Pengidapnya bisa mengalami pengucapan huruf mati, huruf hidup, dan morfem dengan terbolak-balik. Kondisi ini juga dikenal sebagai lidah keseleo. Penyebabnya adalah rasa gugup, berbicara terlalu cepat, atau kurangnya konsentrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.