Sukses

Ustaz Zacky Mirza Ingatkan Via Vallen soal Bahaya Fitnah

Liputan6.com, Jakarta - Via Vallen kembali menjadi perbincangan. Kali ini, ia menjadi sorotan lantaran sempat menghindar dari gosip soal pelecehan yang ia terima dari seorang pesepak bola profesional.

Padahal, sejak awal Via Vallen yang memantik isu tersebut lewat unggahan di Instagram Story-nya. Sementara itu, Via Vallen malah terkesan enggan berbicara soal itu.

Menanggapi hal tersebut, Ustaz Zacky Mirza angkat bicara. Ia beranggapan kalau Via Vallen memang sepatutnya memberikan klarifikasi.

"Sebenarnya siapa pun artisnya, itu kan public figure, figur masyarakat. Berarti setiap public figure, baik gerak gerik, setiap langkahnya diperhatiin masyarakat," kata Ustaz Zacky Mirza ditemui di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (6/6/2018).

 

2 dari 4 halaman

Bertanggung Jawab

Untuk itu, Ustaz Zacky Mirza mengatakan, ketika muncul sesuatu menyangkut figur masyarakat, ia harus berani bertanggung jawab.

"Dia punya hal yang wajib dipertanggungjawabkan ketika masyarakat bertanya tentang sesuatu apa pun bentuknya. Karena tadi, dia bukan lagi milik keluarga saja, tapi milik banyak orang. Ketika ada masalah, wajar kalau masyarakat atau media meminta klarifikasi," ucap Ustaz Zacky Mirza.

3 dari 4 halaman

Dampak Negatif

Masalahnya, ketika Via Vallen menolak untuk memberikan klarifikasi apa pun, hal itu justru akan berimbas negatif kepadanya.

"Kayak gini, enggak selamanya orang yang iri sama kita itu dosa. Bisa jadi justru kita yang berdosa karena membuat orang iri sama kita. Sumber orang lain jadi iri sama kita," Ustaz Zacky Mirza memberi perumpamaan.

4 dari 4 halaman

Klarifikasi

Begitu juga dalam kasus Via Vallen. Kalau saja gosip ini berubah menjadi fitnah, bisa jadi yang berdosa justru Via Vallen karena menyebabkan fitnah itu terjadi.

"Sama, orang ghibah, fitnah, segala macam kan bisa jadi bukan dianya yang dosa, tapi sumber yang menyebabkan fitnah ke mana-mana. Itu lah makanya harus ada tabbayun. Klarifikasi. Itu yang paling selamat," Ustaz Zacky Mirza memungkasi.

Artikel Selanjutnya
Spanduk Save Via Vallen Membentang di Stadion Teladan Medan
Artikel Selanjutnya
Ria Ricis Dukung Via Vallen Buka Suara Soal Pelecehan