Sukses

Tio Pakusadewo Dituntut 6 Tahun Penjara

Tuntutan terhadap Tio Pakusadewo dibacakan jaksa penuntut umum (JPU) bernama Yaman.

Liputan6.com, Jakarta - Dua kali tertunda, jaksa penuntut umum (JPU) akhirnya membacakan tuntutan terhadap aktor Tio Pakusadewo

Tuntutan itu dibacakan JPU di sela-sela sidang lanjutan kasus narkoba Tio Pakusadewo yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (4/6/2018).

JPU menuntut Tio Pakusadewo dengan hukuman 6 tahun penjara.

"Dikurangi selama terdakwa berada dalam masa penahanan dan denda sebesar Rp 1 miliar subsider 6 bulan penjara," kata Yaman, selaku JPU, di persidangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memiliki Narkoba

"Dengan menimbang dari bukti-bukti yang sudah dibacakan di dalam persidangan, kami jaksa penuntut umum menilai terdakwa Tio Pakusadewo telah sah terbukti melakukan tindak pidana melawan hukum, telah menyimpan, memiliki, dan mengonsumsi narkotika golongan 1, yakni sabu-sabu," JPU menambahkan.

Tuntutan hukuman tersebut berkaca dari Pasal 112 ayat 1 subsider Pasal 127 ayat 1 Undang Undang Narkotika.

3 dari 4 halaman

Pleidoi

Aliadi Sembiring selaku hakim ketua, memberikan kesempatan kepada Tio Pakusadewo untuk melakukan pleidoi atau keberatan atas tuntutan tersebut.

"Apakah terdakwa mengerti atas tuntutan jaksa? Terdakwa dinyatakan bersalah telah terbukti melawan hukum. Dituntut selama 6 tahun penjara dan Rp 1 miliar," tanya Hakim kepada Tio Pakusadewo.

"Mengerti," jawab Tio Pakusadewo.

4 dari 4 halaman

Dilanjutkan 7 Juni

Sidang lanjutan kasus narkoba Tio Pakusadewo akan digelar pada Kamis, 7 Juni 2018 di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Tio Pakusadewo ditangkap Polda Metro Jaya saat sedang makam malam di kediamannya kawasan Ampera, Jakarta Selatan.

Tio membeli sabu dari seorang wanita bernama Vina seharga Rp 1,5 juta untuk empat klip sabu. Tio membeli sabu tersebut pada Sabtu, 16 Desember 2017 dari Vina yang mengantarkannya ke rumah Tio. Dalam penangkapan itu, polisi juga menyita beberapa barang bukti alat isap sabu, (bong) cangklong, korek api gas, dan satu ponsel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.