Sukses

5 Cameo Kocak Mendiang Stephen Hawking di The Big Bang Theory

Liputan6.com, Jakarta Ahli fisika kuantum Stephen Hawking meninggal dunia di Cambridge, Inggris, pada hari ini, Rabu (14/3/2018). Ia meninggal dunia dengan tenang di kediamannya pada usia 76 tahun.

Semasa hidupnya, Stephen Hawking tak hanya dikenal dalam bidang sains. Ia juga muncul dalam sejumlah film dan serial televisi sebagai cameo. Mulai dari The Simpsons, Futurama, hingga Star Trek: The Next Generation.

Salah satu serial televisi yang paling banyak memuat cameo Stephen Hawking, adalah The Big Bang Theory. Dalam serial ini, diceritakan mengenai empat peneliti di Cal Tech yang begitu mengidolakan Stephen Hawking. Terutama, karakter Sheldon Cooper (Jim Parsons) yang kerap berkorespondensi dengan Hawking.

Sepanjang sebelas musim penayangan The Big Bang Theory, Stephen Hawking telah tujuh kali tampil sebagai cameo. Lima di antaranya, ia tampil secara langsung dan dua di antaranya hanya dalam bentuk suara.

Mengingat The Big Bang Theory bergenre komedi, tak heran bila cameo mendiang Stephen Hawking dalam serial ini terbilang kocak. Seperti apa penampilannya?

 

Simak juga video menarik berikut ini:

1 dari 6 halaman

1. The Hawking Excitation (2012)

Ini adalah pertama kalinya Sheldon bertemu dengan Stephen Hawking. Howard (Simon Helberg) menyerahkan tulisan Sheldon pada Hawking, dan sang Profesor ingin bertemu langsung dengan Sheldon.

Saat bertemu Sheldon, Stephen Hawking memang sempat memuji otak brilian pengagumnya tersebut. Hanya saja, ia mengoreksi hitungan matematika Sheldon yang keliru. "Kamu salah mengerjakan aritmatika di halaman dua. Salahnya gede banget," kata Stephen Hawking lewat komputer.

Saking kagetnya, Sheldon sampai pingsan di tempat. "Hebat. Ada lagi orang yang pingsan," kata Hawking.

2 dari 6 halaman

2. The Troll Manifestation (2015)

Saat Sheldon dan kawannya Leonard (Johnny Galecki) mengunggah tulisan ilmiahnya ke internet, ia diserang oleh seorang hater. Tak tahan dengan serangan itu, mereka lantas menghubungi orang tak dikenal tersebut.

Ternyata, orang itu adalah Stephen Hawking. "Haha, lihat muka kalian," kata Stephen Hawking begitu melihat reaksi Sheldon dkk. Ia mengaku suka dengan tulisan Sheldon dan Leonard, tapi ingin mengerjai keduanya.

"Kalau kamu duduk di kursi selama 40 tahun juga bisa bosan. Ciao," kata sang profesor mengungkapkan alasannya.

3 dari 6 halaman

3. The Extract Obliteration (2012)

Dalam episode The Big Bang Theory kali ini, Stephen Hawking bermain tebak-tebakan fisika dengan Sheldon.

"Apa persamaan lubang hitam dengan Sheldon Cooper?" tanya Stephen Hawking. Belum sempat Sheldon menjawab, Hawking langsung berkata, "They both suck."

Kata suck, bisa bermakna 'mengisap' dan juga 'payah' dalam bahasa Indonesia.

 

4 dari 6 halaman

4. The Geology Elevation (2016)

Dalam episode ini, Stephen Hawking ikut menyemangati Sheldon yang tengah merasa cemburu dengan pencapaian rekan sejawatnya. "Jangan khawatir, aku tahu perasaanmu. Aku juga belum pernah menang Nobel," kata Stephen Hawking menghibur Sheldon.

Ketika Penny (Kaley Cuoco) menyayangkan hal ini, Stephen Hawking malah membanggakan pencapaiannya di bidang lain. "Enggak apa-apa. Aku pernah muncul di The Simpsons," kata dia.

"Aku selalu mengingat bahwa setiap kemajuan dalam ilmu pengetahuan adalah sebuah kemenangan. Selain itu aku juga pernah muncul di Star Trek," kata dia menambahkan.

 

5 dari 6 halaman

5. Remote Control Stephen Hawking

Dalam episode "The Geology Elevation" pula, Howard membuat orang-orang marah dengan mainan remote control yang ia ciptakan, karena dianggap sangat tidak sopan.

Pasalnya, mainan itu berbentuk Stephen Hawking di atas kursi roda yang bisa berjalan, berputar, bahkan bicara dan menggoda wanita.

Namun ternyata Stephen Hawking berpikir sebaliknya. "Aku selalu berpikir keren banget kalau ada mainan bermotor yang berbentuk diriku," kata dia.

Artikel Selanjutnya
Stephen Hawking dan 6 Kutipan Inspiratif yang Bikin Semangat
Artikel Selanjutnya
Perfect Paul, Mesin Suara Stephen Hawking