Sukses

Diduga Menjiplak, Sutradara The Shape of Water Diseret ke Pengadilan

Liputan6.com, Los Angeles - The Shape of Water, film karya sutradara kondang Guillermo del Toro, berjaya di sejumlah perhelatan perfilman prestisius. The Shape of Water bahkan mendapat 13 nominasi di ajang Piala Oscar 2018, termasuk dalam kategori Film Terbaik.

Namun, kabar bahagia ini sedikit tercoreng. Pasalnya, The Shape of Water dituding merupakan hasil jiplakan dari sebuah naskah teater dari tahun 1969 yang bertajuk Let Me Hear You Whisper.

1 dari 5 halaman

Bawa ke Pengadilan

Dilansir dari Telegraph, Jumat (23/2/2018), tudingan ini datang dari David Zindel. Ia adalah anak dari sang penulis naskah, Paul Zindel, yang mendapat penghargaan bergengsi Pulitzer berkat karya-karyanya.

David Zindel tak main-main dalam melempar tuduhannya. Ia bahkan membawa perkara ini ke pengadilan.

2 dari 5 halaman

Jatuh Cinta

Dalam tuntutannya, David Zindel menyebutkan bahwa ada 61 poin kemiripan antara The Shape of Water dan Let Me Hear You Whisper. Bahkan termasuk plot besar cerita ini, meskipun akhir pada naskah film dan teater ini memiliki perbedaan.

Kedua karya ini mengisahkan tentang seorang petugas kebersihan yang bekerja di tempat riset rahasia milik militer. Ia, jatuh cinta pada makhluk laut yang diteliti di tempat tersebut, yang dikurung dalam sebuah akuarium kaca.

"Lewat musik lama romantis yang diputar lewat pemutar rekaman, ia menjalin ikatan kasih sayang yang dalam dengan makhluk itu, ia menemukan bahwa makhluk ini dapat berkomunikasi (tapi) memilih hanya melakukannya dengan dia."

3 dari 5 halaman

Tuntut Keuntungan Film

Lebih jauh, wanita ini mendengar rencana pemerintah untuk membunuh makhluk ini. Ia lantas membuat rencana untuk menyeludupkan makhluk ini keluar lewat kereta dorong yang ia gunakan dalam pekerjaannya, dan membebaskannya kembali ke laut.

Dalam tuntutan ini, Zindel menyebut nama sejumlah sineas dan produser film ini, termasuk sutradara Guillermo Del Toro. Ia menuntut agar semua keuntungan hasil film ini diserahkan padanya, berikut ganti rugi yang belum disebutkan besarannya.

4 dari 5 halaman

Dibantah

Sementara itu, dalam sebuah wawancara dengan Deadline, Guillermo Del Toro membantah tudingan ini.

"Aku belum pernah membaca atau melihat pertunjukan ini... Aku tidak pernah mendengar tentang pertunjukan ini sebelum membuat The Shape of Water, dan para rekan kerjaku juga tidak ada yang menyebut tentang pertunjukan ini," kata dia.

Artikel Selanjutnya
Jelang Oscar 2018, The Shape of Water Menang Penghargaan Ini
Artikel Selanjutnya
Dunkirk dan Coco Juga Dijagokan di Golden Globes 2018