Sukses

Indonesia Rawan Konflik SARA, Tony Q Rastafara Duet Bareng Andreggae

Liputan6.com, Jakarta - Hingga hari ini, aliran reggae masih terus bergema di industri musik Tanah Air. Banyak sudah para musikus yang meramaikan genre satu ini. Salah satunya adalah Tony Q Rastafara yang lagu-lagunya memiliki keunikan dalam hal lirik dan tentu sudah banyak dikenal.

Belum lama ini, Tony Q Rastafara mendapat kesempatan untuk berduet dengan Andreggae, salah satu penyanyi reggae muda yang kerap memasukkan budaya dan bahasa Jepang ke lagu-lagunya. Keduanya berkolaborasi dalam single "Jaya Indonesiaku".

"Awal mula saya terinspirasi dan membuat lagu 'Jaya Indonesiaku' ini atas dasar apa yang saya lihat dan rasakan di  negeri ini, seperti konflik antara suku, ras, dan agama," ujar Andreggae selaku pencipta lagu "Jaya Indonesiaku" kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Andreggae juga memiliki misi tersendiri melalui lagu ini saat menyanyikannya bersama Tony Q Rastafara. Ia berharap agar ke depannya masyarakat Indonesia tidak terpecah-pecah karena perbedaan pendapat dan pandangan. Pasalnya, Indonesia dibentuk atas dasar penyatuan segala perbedaan.

1 dari 4 halaman

Pedoman yang Sama

"Tujuan saya membuat lagu 'Jaya Indonesiaku' ini agar kita semua sebagai bangsa Indonesia selalu ingat, kita mempunyai satu bahasa yang sama, satu bendera sama, dan satu pedoman yang sama, yaitu Pancasila," Andreggae menerangkan.

Lebih jauh, Andreggae menegaskan bahwa melalui lagu tersebut, sudah seharusnya para pendengar merenungi betapa indahnya kebersamaan sebagai masyarakat Indonesia. Ia juga menyampaikan bahwa lagu "Jaya Indonesiaku" diciptakan sesuai dengan keadaan saat ini.

2 dari 4 halaman

Inspirasi

Panasnya suhu politik yang tengah berlangsung, terkadang membuat rakyat Indonesia lupa terhadap slogan Bhinneka Tunggal Ika. Untuk itu, Andreggae berharap agar lagu ini bisa menjadi penenteram penyejuk bagi masyarakat.

"Semoga lagu ini dapat menjadi inspirasi buat kita semua agar tidak mudah terprovokasi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab," himbaunya.

3 dari 4 halaman

Bersedia Bernyanyi

"Tidak lupa juga saya ucapkan terima kasih buat Mas Tony Q Rastafara yang sudah bersedia bernyanyi bersama di lagu ini," kata Andreggae.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak-pihak yang terlibat dalam lagu "Jaya Indonesiaku", termasuk pecinta genre musik ini. "Teman-teman semua para pencinta musik reggae Indonesia yang sudah men-support saya di lagu ini. Big respect buat semua," tuturnya.