Sukses

Happy Salma Persembahkan Perempuan-Perempuan Chairil

Happy Salma juga cerita mengenai kesulitan yang dihadapinya dalam mementaskan teater berjudul Perempuan-perempuan Chairil.

Liputan6.com, Jakarta - Happy Salma memang sangat mencintai dunia sastra dan teater. Buktinya, banyak karya yang telah ia lakukan untuk panggung teater Tanah Air. Sebut saja Bunga Penutup Abad (2016), Hanya Salju dan Pisau Batu karya Happy Salma dan Pidi Baiq pada 2010 lalu, dan kegiatan-kegiatan sastra lainnya.

Kali ini, Happy Salma dibantu dengan Bakti Budaya Djarum Foundation kembali mempersembahkan karya sebagai bentuk apresiasi terhadap karya puisi sekaligus memberi arti pada sosok pujangga kebanggaan Indonesia, Chairil Anwar. Karya sastra tersebut dipersembahkan lewat pertunjukan teater berjudul Perempuan-perempuan Chairil pada 11 dan 12 November 2017 mendatang.

Reza Rahadian dan Tara Basro menjadi bintang untuk pementasan teater Perempuan-Perempuan Chairil. (Instagram Happy Salma)

"Saya memang dari Titimangsa Foundation, sebagai pendiri kita memang berusaha mengalihkan sastra Indonesia ke dalam panggung. Sebelumnya ada Bunga Penutup Abad. Nah ini kami ingin mengangkat dari karya sastra Indonesia yang mengambil tentang perempuan-perempuan sekitar Chairil yang di mana kita interpretasi dari puisinya," kata Happy Salma, dalam jumpa pers di Galeri Indonesia Kaya (GIK), Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (31/10/2017).

Dalam pementasan ini, Happy Salma juga melibatkan banyak aktor dan artis ternama di dunia film untuk bermain di teater tersebut. Mereka di antaranya, Reza Rahadian, Chelsea Islan, Siti Nursanti, Marsha Timothy, dan Tara Basro. Dua nama terakhir bahkan terbilang baru di dunia teater. Hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi Happy Salma selaku produser.

"Tantangannya itu menyatukan jadwal pemainnya yang memang luar biasa sibuk. Menyatukan beragam profesi. Ini memang ada yang dari teater dan ada yang bukan juga," kata Happy Salma.

Reza Rahadian dan Sita Nursanti menjadi bintang di pementasan teater Perempuan-Perempuan Chairil. (Instagram Happy Salma)

Untuk menunjang hasil teater yang maksimal, riset mendalam juga dilakukan Happy Salma terhadap sosok Chairil Anwar. Hal tersebut juga menjadi kesulitan tersendiri dari penggarapan karya biografi puitik ini.

"Jadi risetnya lumayan cukup panjang. Karena saya sampai mengumpulkan tiga penulis (Agus Noor, Ahda Imran dan Hasan Ashpani) dalam proyek ini. Karena ada fragmen berbeda dari masing-masing penulis yang kemudian kita satukan fragmennya untuk sebuah naskah cerita," terang Happy Salma.

Pertunjukan teater Perempuan-Perempuan Chairil akan digelar pada 11 dan 12 November 2017, pukul 20.00 WIB di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini