Sukses

Joanna Alexandra Tanamkan Nilai Pancasila pada Anak Sejak Dini

Joanan Alexandra dan suami juga sudah mengajarkan tentang perbedaan kepada anak-anaknya sejak dini.

Liputan6.com, Jakarta - Joanna Alexandra dan suami, Raditya Oloan, sadar betul pentingnya nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Joanna Alexandra, Pancasila sebagai dasar negara, saat ini semakin terkikis nilai-nilainya.

"Yang aku lihat sih dari anak-anak sekarang agak kurang ya pendidikan Pancasila gitu. Kayak kemarin ada masalah politik-politik gitu, aku lihat, kok anak-anak sekarang mikirnya kayak gitu ya. Kita harus ngajarin lagi ke anak-anak soal pentingnya Pancasila," terang Joanna Alexandra saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (30/5/2017).

Joanna Alexandra dan Raditya berpose seusai jumpa pres kelahiran anak ke 4, Jakarta, Selasa (30/5). Baby Zio harus berada di ruangan khusus guna menyempurnakan pernapasannya.  (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Meski belum mengenalkan betul tentang apa itu Pancasila, Joana Alexandra mengaku sudah menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila tersebut kepada anak-anaknya.

"Kami (sebagai orangtua) sendiri sih kalau untuk Pancasila-nya belum terlalu (dikenalkan). Tapi untuk nilai-nilainya, tentang persatuan (Indonesia), bahwa di Indonesia itu banyak ras, suku, agama, kita harus menghormati. Itu sudah kita tanamkan dari awal," tambah Joanna Alexandra.

Suami Joanna Alexandra pun membenarkan, bahkan ia mencontohkan pernah suatu ketika salah satu anaknya mempermasalahkan soal agama.

Joanna Alexandra bersama suami dan tiga anaknya. (Instagram)

"Bahkan, anak saya sendiri pernah tanya waktu ada yang datang, 'why dad? They're moslem!' Loh, emang kenapa kalau muslim? Jadi, saya ajari bahwa justru tugas kita bukan untuk mempertahankan agama, tugas kita itu justru menjadikan agama itu tempat untuk kita belajar menghargai sesama."

"Jadi, anak kami sudah kami ajari banget sih, kayak gitu-gitu kami keras banget. Kami benar-benar tekankan supaya anak kita bisa hidup dalam persatuan," kata Raditya Oloan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.