Sukses

Istri Wiji Thukul Ikut Nobar Film Istirahatlah Kata-kata

Para Aktivis 98 juga ikut nonton bareng film Istirahatlah Kata-Kata.

Liputan6.com, Solo - Pemutaran perdana film yang memotret kisah aktivis Wiji Thukul berjudul Istirahatlah Kata-kata dilakukan pada Kamis (19/1/2017) di Solo. Tak hanya para aktivis 98 yang ikut menonton film tersebut, Istri Wiji Thukul, Dyah Sujirah atau yang akrab disapa Sipon juga juga ikut menonton film tersebut di bioskop Grand 21 Solo Grand Mall.

Pantauan Lipitan6.com, sejumlah aktivis 98 tampak berkumpul di ruang tunggu biosko tersebut. Acara nonton bareng (nobar) itu dikoordinatori oleh Prijo Wasoono.

Meskipun jadwal film diputar pada pukul 14.30 WIB, namun istri Wiji Thukul, Sipon belum tampak datang. Lantas, para aktivis dari berbagai elemen tersebut lebih dulu masuk ke ruang bioskop.

Para aktivis 98 ikut nonton bareng film Istirahatlah Kata-Kata. (Fajar Abrori/Liputan6.com)

Sipon atau Mbak Pon sendiri baru tiba di bioskop di lantai 4 Solo Grand Mall pada pukul 15.00 WIB. Lantas, ia pun langsung dijemput oleh Prijo Wasono untuk diajak masuk menonton film tersebut.

Koordinator acara nobar, Prijo Wasomo mengatakan acara nobar ini mengajak para teman-teman aktivis Solo yang dulu pernah terlibat langsung dengan Wiji Thukul semasa aktif menjadi aktivis pada tahun 98 di Solo. "Teman aktivis dan LSM yang ikut nobar ada dari Sekber 65, Spekham dan lainnya," kata dia, Kamis (19/1/2017).

Kemudian dia menyebutkan, jumlah peserta nobar film ini dari hasil pendaftaran sejak beberapa hari lalu tercatat ada 80 orang. Ternyata, tak hanya para mantan aktivis, namun mahasiswa dan generasi muda saat ini banyak yang ikut nonton.

"Antusiasme teman-teman untuk menonton sangat tinggi. Tadi saja ada 80 tiket yang sudah memesan lewat saya. Selain nobar hari ini, rencana besok Jumat juga akan ada kegiatan nobar lagi," kata dia.

Cuplikan film Istirahatlah Kata-Kata (Twitter)

Dengam diputarnya film yang berkisah tentang Wiji Thukul ini, ia berharap pemerintah memiliki kemauan untuk membuka terkait kasus Thukul ini. Pasalnya, Presiden Jokowi pernah berjanji akan membantu penyelesaian kasus Wiji Thukul.

"Kami hanya pemerintah itu membuka kasus ini. Ada apa dengan Wiji Thukul. Kalaupun Thukul meninggal paling tidak diketahui dimana kuburannya, tetapi jika masih hidup dimana posisi keberadaannya sekarang," harapnya. (fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.