Sukses

Ahmad Dhani Ditangkap di Hari Aksi Damai 212 karena Alasan Apa?

Kabarnya Ahmad Dhani merupakan salah satu pihak yang terlibat dalam rencana makar bersama tujuh orang lainnya. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta Musikus Ahmad Dhani ikut diciduk polisi di Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2016) Subuh atau bertepatan dengan hari aksi damai 212. Kabarnya Ahmad Dhani merupakan salah satu pihak yang terlibat dalam rencana makar bersama tujuh orang lainnya, seperti Ratna Sarumpaet, Kivlan Zein, dan Rachmawati Soekarnoputri.

Namun, dugaan itu dibantah oleh pengacara Ratna Sarumpaet, Yusril Izha Mahendra. Menurut dia, penangkapan pentolan Dewa 19 itu tidak terkait perbuatan makar.

Yusril Ihza Mahendra. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

"Kalau yang saya tahu dia (Dhani) tidak berkaitan dengan makar. Dia yang soal penghinaan," kata Yuzril Ihza Mahendra di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Jumat (2/12/2016).

Namun, belum banyak hal yang bisa diungkap Yusril Izha Mahendra. Hingga kini dirinya masih menunggu informasi lanjutan mengenai penangkapan delapan orang, termasuk Ahmad Dhani, yang diduga melakukan makar tersebut.

Ahmad Dhani.(Liputan6.com/Gempur M Surya)

"Soal bukti belum detail. Informasi masih dikaitkan dengan pasal tentang perbuatan makar terhadap pemerintah yang sah. Jadi, seharusnya mendudukkan masalah ini pada proporsi yang sebenarnya," ujarnya.

Selain itu, Yusril Izha Mahendra mempertanyakan dugaan makar yang dituduhkan polisi. "Saya tidak tahu apa yang ada di benak polisi. Memang terkait dengan kegiatan aksi damai hari ini, mereka enggak ikutan. Tapi mungkin menurut polisi, Dhani dan lainnya membantu," Yusril Izha Mahendra menjelaskan.

"Mungkin polisi mendapatkan informasi tersebut (rapat) dan menggolongan sebagai makar," ia mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini