Sukses

Indra Utami Tamsir Konser Lagu Keroncong ke 9 Kota

Liputan6.com, Jakarta Meski pamornya kalah dari gempuran musik pop dan dangdut, bukan berarti kecintaan Indra Utami Tamsir pada musik keroncong meredup. Perempuan yang dijuluki The Next Waldjinah ini tetap bersemangat untuk melestasikan keroncong sebagai musik asli Indonesia.

Semangat itu diperlihatkan penyanyi 43 tahun ini dengan menggelar tur konser ke sembilan kota di Pulau Jawa dan Bali. Rangkaian turnya dimulai tanggal 7 September 2016 dari kota kelahirannya Blora, Jawa Tengah, lalu berlanjut ke Semarang, Solo, Yogyakarta, Bandung, Malang, Surabaya, Bali dan diakhiri di Jakarta.

Indra Utami Tamsir [Foto: Ferry Noviandi/Liputan6.com]

"Saya ingin membuat musik keroncong ini sebagai sebuah gerakan kebudayaan untuk memperkokoh identitas ke-Indonesiaan kita," ucap Indra Utami Tamsir saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (29/8/2016).

Peraih trofi Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2013 ini berkeinginan untuk menjadikan keroncong dikenal mancanegara. Ia sedikit cemburu dengan kesuksesan musik K-Pop yang berhasil dikenal di seluruh dunia.

"Iya, musik K-Pop itu sekarang bisa mendunia kayak gitu. Harusnya kan keroncong juga bisa," Indra Utami Tamsir menjelaskan.

Indra Utami Tamsir (Foto: Liputan6.com/ Hernowo Anggie)

Nantinya, pemilik album keroncong "Wanita Indonesia" tersebut juga berencana untuk memperpanjang tur konser hingga ke penjuru Nusantara.

"Kalau tur episode pertama sukses, nanti akan berlanjut hingga ke seluruh daerah di Indonesia seperti Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan Papua, bahkan keluar negeri juga seperti Suriname, Belanda dan Jerman," Indra Utami Tamsir mengakhiri.