Sukses

Komika Perempuan Ini Dapat Standing Ovation dari Raditya Dika

Liputan6.com, Jakarta Penyisihan Grup 3 di babak 13 besar Stand Up Comedy Academy 2 (SUCA 2) Indosiar pada Selasa (30/8/2016) malam, memulangkan dua komika sekaligus. Untungnya, keduanya berasal dari mentor yang berbeda.

Ichal (Palu), anak didik mentor Daned Gustama, bersama Afif Xavi, komika dari tim Arief Didu, harus gantung mic di grup terakhir ini. Penampilan keduanya tadi malam, dinilai lemah oleh para juri untuk diberi kesempatan lolos ke babak selanjutnya.

SUCA 2 (Twitter)

Afif masih tak bisa datang untuk tampil di panggung. Karena sakit cacarnya, komika asal Jakarta ini pun diberi kesempatan khusus melakukan stand up lewat video taping yang proses syutingnya hanya diambil satu kali saja. Penampilan Afif sebenarnya sukses bikin pecah. Namun, para juri khususnya Ernest Prakasa, melihat Afif tak membuat materi sesuai tantangan tema yang diberikan. Inilah yang membuat para juri akhirnya memutuskan Afif sebagai salah satu yang harus close mic.

Sementara itu, Ichal juga melakukan kesalahan cukup fatal. Dari lima menit waktu stand up yang harus diselesaikan, Ichal hanya menggunakannya tak lebih dari dua  menit. Masih tersisa dua menit lebih. Ichal terkena 'blank matery' sejak menit awal penampilannya. Ia pun tak bisa menyelesaikan stand up-nya dan memilih berhenti di tengah penampilannya.

Karena aksinya ini, para juri tak ragu untuk memutuskan Ichal juga sebagai komika yang harus gantung mic. Padahal, Ichal adalah salah satu komika unggulan yang digadang-gadang bakal jadi lawan tangguh Arafah Rianti di final nanti.

Sementara itu, Aci Resti (Tangerang), anak didik Arief Didu yang lain, berhasil membuat lima juri dan lima mentor melakukan standing ovation atas penampilan spektakulernya. Raditya Dika yang dikenal sangat pelit pujian, bahkan tak ragu mengatakan stand up Aci adalah yang terbaik sepanjang kompetisi SUCA berjalan. Hal senada juga diungkap Ernest dan Melaney Ricardo.

Aci Resti (Istimewa)

Penampilan bagus Aci ini sekaligus ancaman buat Arafah, sebagai komika wanita yang dianggap paling kuat di SUCA 2. Menurut para juri, Aci bahkan punya kemajuan lebih baik ketimbang favorit pemirsa tersebut. Keduanya dinilai punya potensi sama kuatnya untuk mengekor prestasi Musdalifah sebagai juara ketiga di SUCA pertama tahun lalu.