Sukses

Rekam Jejak Kisah Nyata di Balik The Conjuring 2

Liputan6.com, Jakarta - Film The Conjuring 2 memberikan "mimpi buruk" baru bagi penikmat horor. Kehebohan The Conjuring 2 membuat film besutan James Wan itu melesat dan menduduki peringkat teratas box office Amerika.

Salah satu hal yang paling menarik dari The Conjuring 2 adalah karena film ini diangkat dari kasus nyata di Enfield, Inggris, pada tahun 1977. Beberapa media pun mewawancarai Janet Hodgson, saksi mata yang menjadi "korban" dari aktivitas supranatural itu.

Janet Hodgson menyebutkan, mimpi buruk keluarganya dimulai malam itu, dengan adanya gangguan kecil berupa suara. Namun Janet Hodgson berusaha mengindahkan semuanya. Ia berpikir itu hanya khayalan.

"Aku dan saudara laki-lakiku tengah duduk di ujung tempat tidur. Kami bisa mendengar suara berisik. Lalu, ibu pun datang dan marah-marah kepada kami karena mendengar teriakan. Kami membantah itu semua," ujar Janet Hodgson dalam sebuah wawancara dengan iTV, baru-baru ini.

Janet Hodgson mengungkapkan, "Kami melihat lemari pakaian yang bergerak ke arah pintu. Kami memberitahukannya kepada ibu. Tapi, dia tak mempercayai semua ucapan kami. Dia mengatakan, 'jangan konyol.' Melihat lemari kami yang berubah posisi, dia sempat berusaha mendorongnya ke tempat semula. Tapi tidak berhasil."

The Conjuring 2 (Warner Bros/IMDb)

Rupanya gangguan itu makin sering terjadi. Giliran saudara perempuan Janet Hodgson mengekspos ketakutan dan mimpi buruk keluarganya yang tak pernah ia lupakan seumur hidup.

"Suara-suara aneh makin terdengar di dalam rumah. Tapi, kau tidak mengetahui apa yang terjadi. Kami tak bisa tidur. Akhirnya, kami sempat mengungsi ke rumah tetangga kami," ucap sang adik.

Janet Hodgson yang saat itu masih berusia 11 tahun pernah mengalami kerasukan. Kala itu ia mengeluarkan suara aneh dan mengerikan.

The Conjuring 2 ( Warner Bros)

"Janet tiba-tiba tak sadarkan diri. Suaranya berubah menjadi seperti laki-laki yang mengatakan, 'sebelum aku meninggal, aku buta. Lalu, aku mengalami pendarahan otak, membuatku tak sadarkan diri. Aku mati begitu saja, di kursi di ujung tangga'. Itu sangat mengerikan," ujar sang adik saat menggambarkan Janet Hodgson yang tengah kerasukan.

Semua yang digambarkan Janet Hodgson ada di awal film The Conjuring 2 diputar. Dalam adegan itu, mainan anak-anak bergerak tanpa dimainkan oleh pemiliknya. Lemari pakaian bergerak sendiri hingga ke ujung pintu. Anak-anak akhirnya berlarian ke luar ruangan.

Foto Janet Hodgson dalam peristiwa Enfield yang diangkat dalam The Conjuring 2 (Movie Pilot)

Namun tentu saja, beberapa adegan di The Conjuring 2 memang dibuat sedikit berlebihan dibandingkan kisah nyatanya. Ada adegan saat Janet Hodgson melayang di udara, melemparkan perlengkapan rumah kepada keluarganya.

Janet Hodgson menyebutkan kejadian supranatural di dalam rumahnya memang mengerikan, tapi lebih terlihat alami dibandingkan di dalam film. "Aku sudah biasa menghadapinya. Aku tak pernah berpikir makhluk halus yang mengganggu itu jahat. Tampaknya, ia hanya ingin menjadi bagian dari keluarga kami. Dia mati di sana, ingin beristirahat dengan tenang," ucap Janet Hodgson kepada Channel 4. (Des/Rul)