Sukses

Menghitung Kekuatan 3 Grand Finalis Dangdut Academy Celebrity

Liputan6.com, Jakarta Grand Final Dangdut Academy Celebrity mempertemukan tiga selebriti pria terbaiknya. Di Konser 4 Besar atau konser eliminasi terakhir, Ihsan Tarore dan Gilang Dirga sudah lolos otomatis karena menjadi dua peraih SMS tertinggi. Rafael Tan menyusul setelah menyingkirkan lawan beratnya, Maria Calista, di babak vote dewan juri.

Majunya tiga kontestan pria ini sebenarnya bukanlah sebuah kejutan. Ketiganya memang sudah mencuri perhatian sejak babak 25 besar digelar pada 11 April lalu. Tak hanya karena Ihsan, Gilang, dan Rafael kerap menjadi pemuncak polling SMS terakhir di masing-masing grup. Namun juga karena ketiganya memiliki kualitas vokal dan kemajuan yang semakin berkembang di tiap penampilan.

Lantas, dari ketiganya, siapa yang layak jadi juara Dangdut Academy Celebrity? Jika menilik potensi dan keunggulan, ketiganya memiliki peluang yang sama besarnya. Berikut, kami berikan ulasannya.

2 dari 4 halaman

Ihsan Tarore

Ihsan Tarore

Dalam episode Dangdut Academy Celebrity terakhir, Ihsan menjadi peringkat pertama polling SMS dengan 29,7 persen. Di babak-babak sebelumnya ia juga memuncaki klasemen, memastikan dukungan fans menjadi kekuatan utamanya. Meski begitu, Ihsan melengkapinya dengan kualitas vokalnya.

Suara Ihsan kerap dipuji para juri, sangat macho. Suaranya berat, serak-serak basah pula. Dengan tipikal suara bariton ini, nyanyian Ihsan terdengar seksi. Hal ini masih ditambah dengan penjiwaannya pada lagu yang tergolong selalu sukses. Cengkok dangdut Ihsan pun dinilai lebih baik ketimbang dua rivalnya di Grand Final nanti.

Kelemahan Ihsan mungkin hanya satu, terletak di lagu dengan beat musik kencang. Ia nampak kesulitan menaklukan irama dan dinamika lagu. Namun masalah ini bisa dimaklumi. Toh, hampir semua penyanyi juga bermasalah dengan lagu berirama cepat.

3 dari 4 halaman

Rafael Tan

Rafael Tan

Nah, untuk soal lagu berirama cepat, Rafael bisa dibilang unggul. Basic-nya sebagai anggota boy band SM*SH membuat Rafael tak kesulitan menyanyikan lagu dangdut dengan tempo yang lebih rancak. Rafael juga diuntungkan dengan kemahirannya bergoyang selama di SM*SH.

Saat membawakan lagu nge-beat, Rafael selalu menambahkan koreo dalam penampilannya. Menurut para juri, hal itu membuat aksi panggung Rafael lebih keren ditonton. Namun, tak hanya bagus di lagu bertempo cepat saja, Rafael juga sebenarnya piawai menyanyikan lagu balada. Ekspresi, mimik muka, dan penjiwaannya pada lagu dengan banyak nada rendah ini, bisa dieksekusi Rafael dengan mudah.

Kesulitan Rafael di Grand Final mungkin hanya soal dukungan SMS pemirsa. Rafael sudah dua kali berturut-turut berada di posisi tidak aman karena raihan SMS yang rendah. Rafael mestinya bisa memaksimalkan fansnya di sosial media yang jumlahnya tak sedikit, bahkan jutaan, untuk mendukung Rafael menjuarai Dangdut Academy Celebrity.

4 dari 4 halaman

Gilang Dirga

Gilang Dirga

Terakhir, berbeda dengan dua saingannya, sejauh ini Gilang adalah kontestan yang sulit ditebak. Pergerakan polling SMSnya tak selalu bagus. Gilang juga pernah berada di posisi tiga terbawah di babak eliminasi grup. Namun, ia juga sering meraih SMS tertinggi.

Posisi Gilang sebagai salah satu host dari Dangdut Academy 3, membuat pemirsa akrab dengan wajahnya. Gilang sebenarnya juga memiliki bakat bernyanyi dangdut yang cukup baik dibanding Ihsan dan Rafael. Sebagai pecinta film Bollywood, Gilang menguasai banyak lagu India. Tak hanya menghapal lirik, Gilang juga piawai dengan dinamika lagunya.

Namun dari semua itu, Gilang punya PR besar yang jadi masalah utama. Kerap menirukan suara penyanyi lain, membuat Gilang tak punya identitas suara sendiri. Dari satu lagu ke lagu lain, penonton sulit menebak suara asli Gilang. Jika tak cepat menemukan solusi, langkah Gilang merebut gelar juara Dangdut Academy Celebrity bisa terbentur.

 

Dari review diatas dan menyimak keunggulan serta kelemahan ketiganya, menurut anda, siapa kira-kira yang akan meraih gelar juara Dangdut Academy Celebrity?

Jadilah saksi lahirnya sang juara di Konser Grand Final Dangdut Academy Celebrity yang akan ditayangkan secara langsung Rabu (25/5/2016) malam ini, mulai pukul 18.30 WIB di Indosiar. Dukung juga jagoan anda dengan mengirim SMS dukungan dengan cara ketik DAC spasi nama seleb, lalu kirim ke 97288.