Sukses

6 Cameo Stan Lee Paling Kocak di Film Superhero Marvel

Liputan6.com, Jakarta Penggemar film superhero, terutama keluaran Marvel, pasti tahu ada dua tradisi yang hampir selalu ada di setiap film-film ini. Yang pertama, adalah adegan ekstra yang keluar di ujung credit title, yang membuat para penonton bioskop betah menunggu di kursi meski lampu sudah dinyalakan.

Tradisi kedua, adalah kemunculan Stan Lee sebagai cameo dalam film-film superhero Marvel. Meski cuma beberapa detik, kemunculan kakek berusia 93 tahun ini selalu memberikan kejutan yang menyenangkan bagi para penggemar.

Pengarang komik superhero Marvel, Stan Lee (92) menghadiri premiere film Ant-Man setelah masuk rumah sakit.

Kehadiran Stan Lee dalam film-film Marvel, memang tidak mengherankan. Ia adalah salah satu sosok terpenting dalam perkembangan dunia komik. Ia tak hanya membidani kelahiran superhero populer seperti Spider-Man, Hulk, dan X-Men, namun juga menciptakan jalinan cerita yang saling berkelindan antara karakter ciptaannya. Chris Ryall dan Scott Tipton dalam bukunya Comic Books 101 menyebutkan konsep yang disebut Stan Lee sebagai 'Marvel Universe' ini akhirnya ditiru oleh penerbit komik yang lain.

Meski merupakan tokoh penting di dunia superhero, Stan Lee ternyata tak hanya kebagian cameo yang menampilkannya sebagai sosok berwibawa. Sebaliknya, ia lebih sering mendapat peran yang menampilkan profesi 'rakyat kecil', seperti satpam atau tukang pos. Ia juga kerap muncul dalam adegan kocak, membuat kehadirannya makin mengesankan.

Dari puluhan cameonya, Liputan6.com memilih enam kemunculan Stan Lee yang paling kocak di film Marvel. Apa saja?

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

Avengers: Age of Ultron

Avengers: Age of Ultron

Dalam film ini, Stan Lee tiba-tiba muncul saat Steve Rogers dan Thor sedang minum minuman keras dengan tingkat alkohol yang tinggi. Awalnya, kedua superhero ini enggan memberikan minuman tersebut pada manusia biasa. Namun Stan Lee yang mengenakan topi veteran Perang Dunia Kedua, berkeras ia mampu menenggak minuman tersebut.

"Berhenti menakuti kami, ayo berikan," kata Stan Lee meminta gelas yang akhirnya disodorkan oleh Thor. Adegan selanjutnya, menunjukkan Stan Lee yang harus dipapah saat keluar dari bar.

3 dari 7 halaman

Guardians of the Galaxy

Guardians of the Galaxy

Di film yang satu ini, Stan Lee kebagian peran tanpa dialog. Rocket, si rakun cerdik sedang meneropong orang di sekitarnya, dan membuat komentar-komentar nyinyir tentang mereka. Salah satunya, adalah Stan Lee.

Dalam adegan ini Stan Lee tampak sedang berbicara dengan seorang gadis muda berambut gelap. Salah satu tangannya melingkari pinggang si perempuan cantik.

Rocket pun langsung mengomentari pasangan muda-tua ini. "Coba lihat si Pria Murah Senyum ini. Hei Pak Tua, mana istrimu? Dasar otak mesum," kata Rocket sambil tertawa.

4 dari 7 halaman

Captain America: The First Avengers

Captain America: The First Avengers

Stan Lee muncul dalam adegan yang menampilkan Captain America yang hendak menerima penghargaan dari Gedung Putih. Stan Lee duduk di bangku penonton, dengan seragam militer, dengan lencana dan bintang empat di pundaknya.

Lama dipanggil-panggil untuk menerima penghargaan, namun sang Captain ternyata tak juga datang. Di bangku tempat duduknya, Stan Lee berbisik pada orang di sebelahnya. "Aku kira Thor yang bakal menerimanya," kata Stan Lee.

5 dari 7 halaman

Fantastic Four : The Rise of Silver Surfer

Fantastic Four : The Rise of Silver Surfer

Kali ini, Stan Lee berperan sebagai dirinya sendiri. Ia diperlihatkan tengah menghadiri sebuah perjamuan mewah, di mana tak sembarang orang bisa masuk. Para tamu, harus membawa undangan yang menunjukkan bahwa kehadiran mereka benar-benar diharapkan dalam acara tersebut.

Sayangnya, Stan Lee lupa membawa undangan miliknya. "Aku seharusnya ada dalam daftar ini," ujarnya sambil tersenyum pada penjaga pintu. Ia terlihat percaya diri bahwa nama besarnya, pasti membuat sang penjaga membolehkannya masuk. Namun si penjaga justru menganggap pria tersebut mengaku-aku sebagai Stan Lee.

"Tapi... Aku ini Stan Lee, sungguh!" kata Stan Lee. Sang penjaga, tetap menyeretnya keluar.

6 dari 7 halaman

The Amazing Spider-Man

The Amazing Spider-Man

Sekali lagi, Stan Lee kebagian peran cameo tanpa dialog. Ia muncul sekilas sebagai seorang pustakawan yang tengah membereskan berkas-berkas di mejanya, sambil asyik mendengarkan musik klasik melalui headphone.

Ia tak mengetahui, di belakang punggungnya, Spider-Man yang diperankan Andrew Garfield tengah bertarung sengit dengan The Lizard. Di satu bagian, The Lizard bahkan sempat melempar meja ke arah Stan Lee, yang untungnya ditangkap dengan jaring laba-laba Spider-Man. Stan Lee makin asyik dengan musiknya, bahkan menggoyangkan jarinya, bergaya seperti konduktor.

Kocaknya, musik klasik yang didengarkan Stan Lee menjadi musik latar pertarungan Spider-Man dan The Lizard.

7 dari 7 halaman

Captain America: Civil War

Captain America: Civil War

Salah satu cameo terlucu Stan Lee, adalah kemunculan terbarunya dalam Captain America: Civil War. Di film ini, Stan Lee berperan sebagai kurir FedEx, yang mengantarkan paket untuk Tony Stark.

"Aku mengantarkan paket untuk Tony Stank. Apa kamu Tony Stank?" tanya Stan Lee pada Tony Stark yang diperankan oleh Robert Downey Jr. Tony Stark, jelas terganggu mendengar kata-kata yang diucapkan oleh kurir tersebut. Pasalnya, 'stank' dalam bahasa Inggris bermakna bau busuk, sehingga namanya menjadi Tony si Bau Busuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.