Sukses

6 OST Film Indonesia Terpopuler Sepanjang Masa

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sebuah film, soundtrack atau lagu tema bisa menjadi salah satu kekuatan yang membuat penonton kepincut. Bahkan, di luar cerita film dan akting bintang-bintangnya yang mengesankan, lagu tema bisa berdiri sendiri sebagai karya yang populer dan bahkan legendaris. Mengapa demikian? Karena soundtrack mampu membangun suasana dan menghidupkan cerita dalam film.

 Film Ayat-Ayat Cinta. foto: inspired-ground.com

Maka tak jarang original soundtrack juga turut menyamai kesuksesan filmnya. Bahkan menjadi sangat populer hingga diputar di mana-mana, meskipun usia lagu tersebut sudah terbilang panjang. 

Berikut ini adalah 6 oroginal soundtrack film Indonesia terpopuler sepanjang masa. Apa saja kah itu?

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

1. Badai Pasti Berlalu dalam Film Badai Pasti Berlalu (1977)

Lahir dari tangan Eros Djarot dan musisi-musisi lainnya, album Badai Pasti Berlalu dinyanyikan oleh Chrisye dan Berlian Hutauruk. Lagu ini bahkan sempat diaransemen ulang di tahun 1999 dan masih dinyanyikan oleh Chrisye dengan diiringi orkes Erwin Gutawa.

Film Badai Pasti Berlalu

Badai Pasti Berlalu adalah sebuah film yang dirilis pada tahun 1977 dan diangkat dari novel berjudul sama karya Marga T. Film ini disutradarai oleh Teguh Karya. Badai Pasti Berlalu adalah salah satu film paling fenomenal di eranya. Tapi tak hanya filmnya, soundtrack-nya pun sama fenomenal dan menjadi salah satu master piece di industri musik tanah air sepanjang masa. 

3 dari 7 halaman

2. Begadang dalam Film Begadang (1978)

Mengikuti kesuksesan filmnya, Begadang pun memiliki soundtrack yang sangat populer hingga sekarang. Lagu Begadang dicupilk dari album pertama dari grup Soneta yang diciptakan oleh Rhoma Irama. Saking populernya, hingga sekarang pun lagu ini masih sering diperdengarkan di mana-mana.

Film Begadang

Begadang adalah film Indonesia yang dirilis pada tahun 1978 yang disutradarai oleh Maman Firmansjah. Film ini dibintangi oleh Rhoma Irama, Yatie Octavia, dan Billy Argo.

4 dari 7 halaman

3. Jagoan dalam Film Petualangan Sherina (2000)

Lagu Jagoan merupakan single kedua dari album soundtrack film drama musikal anak-anak. Lagu ini mengisahkan dua pemeran utamanya, Sherina (Sherina) dan Sadam (Derbie Romero) yang bermusuhan hingga akhirnya saling melempar ejekan melalui sebuah lagu.

Petualangan Sherina

Petualangan Sherina skenarionya ditulis oleh Jujur Prananto dan disutradarai oleh Riri Riza. Film ini telah berhasil melambungkan nama Sherina.

5 dari 7 halaman

4. Ada Apa Dengan Cinta? dalam Film Ada Apa Dengan Cinta? (2002)

Lagu Ada Apa Dengan Cinta? merupakan single ke 5 untuk soundtrack film dengan judul yang sama. Lagu ini diciptakan oleh Melly Goeslow yang dinyanyikan oleh dirinya sendiri berduet dengan Eric, yang pada saat itu merupakan seorang penyanyi pendatang baru.

Film Ada Apa Dengan Cinta?

Ada Apa Dengan Cinta? merupakan film remaja bergenre romantis yang disutradarai oleh Rudi Soedjarwo dan dibintangi oleh Dian Sastro dan Nicholas Saputra. Sekuel keduanya bakal ditayangkan, 28 April 2016.

6 dari 7 halaman

5. My Heart dalam Film Heart (2006)

Soundtrack film ini berjudul My Heart, diproduseri oleh Melly Goeslaw dan sang suami Anto Hoed. Lagu ini dinyanyikan secara duet oleh bintang filmnya sendiri, Acha dan Irwansyah. Duet mereka ini sempat menjadi sangat fenomenal hingga menyusul lagu-lagu lainnya yang juga dinyanyikan secara duet oleh mereka berdua.

Film Heart

Film Heart ini menceritakan tentang kisah dua remaja yang selalu bersama hingga dewasa. Tanpa sadar ternyata perasaan cinta pun tumbuh. Film ini dibintangi oleh Acha Septriasa, Irwansyah dan Nirina Zubir.

7 dari 7 halaman

6. Ayat Ayat Cinta dalam Film Ayat Ayat Cinta (2008)

Lagu Ayat Ayat Cinta merupakan lagu bergenre pop yang dibuat oleh pencipta lagu bertangan dingin, Melly Goeslaw. Lagu ini di nyanyikan oleh sahabat Melly, Rossa.

Ayat Ayat Cinta

Ayat Ayat Cinta merupakan film drama religi adaptasi dari sebuah novel bestseller karya novelis Habiburrahman El Shirazy. Film ini dibintangi oleh Fedi Nuril, Rianti Cartwright, dan Carissa Puteri. (Ufa)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.