Sukses

Ireng Maulana Meninggal Dunia

Liputan6.com, Jakarta Di tengah hingar-bingar pergelaran Java Jazz 2016, Indonesia kehilangan salah seorang musisi jazz terbesarnya. Musisi Ireng Maulana meninggal dunia sekitar Minggu (6/3/2016) dini hari.

Kabar tersebut muncul di beberapa akun Twitter selebriti dengan hastag #RIPIrengMaulana. Glenn Fredly melalui akun Twitter @GlennFredly misalnya, mengucapkan duka bagi musisi yang dikenal hingga mancanegara ini.

Ireng Maulana selaku founder dalam event JAKJAZZ 2013 berkolaborasi dengan Nadia, musisi jazz muda berumur 21 tahun (Liputan6.com/ Andrian M Tunay)

"Terimakasih Ireng Maulana atas bakti & karyamu untuk musik Jazz Indonesia..Rest in Love om Ireng," tulis Glenn.

Sementara promotor terkenal Peter F. Gontha tak ketinggalan mengucapkan duka yang mendalam. "Telah meninggal dengan tenang, Ireng Maulana," kicau Twitter Peter F. Gontha, @PeterGontha.

Ireng Maulana memang diketahui sudah cukup lama mengidap penyakit stroke, sekitar 2012. Selain stroke, gitaris andal ini juga menderita penyakit jantung.

Ireng Maulana

Ireng Maulana atau pemilk nama lengkap Eugene Lodewijk Willem Maulana ini lahir pada 15 Juni 1944. Ireng merupakan putra dari pasangan Max Maulana seorang gitaris dengan Georgiana Sinsoe yang seorang penyanyi. Ireng mempunyai kakak yang juga seorang musisi terkenal, Kibod Maulana, yang lebih dahulu meninggal dunia, pada 6 Juni 2015.

Di dunia musik Indonesia, khususnya musik jazz, nama Ireng Maulana begitu berpengaruh. Ia telah belajar musik jazz hingga ke Amerika Serikat. Ireng beberapa kali membentuk band jazz dan berkolaborasi dengan sesama musisi jazz, baik dengan musisi seangkatannya atau pun yang lebih muda seperti Andien.

Selamat jalan Ireng Maulana. (fei)