Sukses

6 Artis Pria Hollywood yang Kena Kasus Pelecehan Seksual

Liputan6.com, Los Angeles - Kasus pelecehan seksual dengan selebritis dan artis pria sebagai tersangka, mulai marak di Tanah Air belakangan ini. Setelah melibatkan artis berinisial IB, kali ini SJ ikut menyusulnya. Namun perlu diketahui juga kalau di Amerika Serikat, terutama Hollywood, sudah banyak artis pria yang mengalami nasib serupa.

Mereka yang berprofesi sebagai aktor, musisi, dan pelawak itu, pernah memiliki cerita kurang sedap seputar kasus pelecehan seksual. Meskipun begitu, sebagian besar dari mereka melakukannya dengan lawan jenis yang masih di bawah umur.

Alhasil setelah terlibat skandal memalukan tersebut, karier mereka pun sempat tersendat. Bahkan, beberapa dari mereka sudah tidak memiliki citra yang bagus lagi. Anehnya, kasus-kasus ini menerpa mereka yang sudah berusia cukup lanjut.

Reaksi karakter Arnold Schwarzenegger setelah menyadari putri tercintanya menjadi zombie, bisa dilihat di trailer film Maggie.

Akan tetapi, beberapa laporan seputar pelecehan seksual yang ditujukan kepada para artis pria ini, memiliki beragam tindak lanjut. Ada yang menjadi terdakwa, namun beberapa tak bisa dibuktikan kebenarannya hingga kasusnya perlahan lenyap begitu saja.

Lantas, siapa saja para artis pria yang pernah dituding serta menjadi tersangka kasus pelecehan seksual? Simak daftar lengakapnya di halaman berikut ini.

2 dari 7 halaman

Stephen Collins

Stephen Collins

Memang, nama Stephen Collins belum terlalu dikenal di Indonesia. Namun bagi publik Amerika, ia menjadi salah satu aktor dengan memiliki reputasi baik di depan layar. Apalagi, Collin bermain sebagai pendeta sekaligus ayah yang baik di serial 7th Heaven selama 10 tahun.

Kasus pelecehan menerpa Stephen Collin setelah ia melontarkan pengakuan mengejutkan, yaitu telah melakukan 'hubungan seksual yang tak pantas' dengan gadis-gadis di bawah umur.

Stephen Collins & Faye Grant

Laman TMZ pada 7 Oktober 2014 lalu, mengunggah rekaman suara yang disebut milik istri Stephen Collins, Faye Grant. Sang istri merekam secara diam-diam saat ia dan suaminya melakukan sesi terapi.

Dalam rekaman itu, Stephen mengakui telah melakukan pelecehan seksual pada tiga orang gadis di bawah umur. Stephen juga mengakui telah melakukan pelecehan seksual terhadap anak perempuan berusia 11 tahun di New York.

"Ada momen saat saya minta dia (anak gadis itu) menyentuh tangannya, saya taruh tangannya di kemaluan saya," katanya seperti dikutip TMZ. Namun, People menyampaikan bahwa Faye Grant membantah sebagai pihak yang menyebarkan rekaman itu.

Malangnya, pada Oktober 2014, Stephen Collins dikeluarkan dari proyek film Ted 2 gara-gara kasus pelecehannya ini terkuak ke publik.

3 dari 7 halaman

Bill Cosby

Bill Cosby

Nama Bill Cosby cukup dikenal bagi warga Indonesia generasi 1980-an. Pasalnya, ia pernah membintang serial komedi The Cosby Show yang mengudara di TVRI. Bill Cosby di situ memerankan sosok Cliff Huxtable yang kebapakan. Nama Bill Cosby langsung tercoreng di tahun 2014 setelah terlibat pelecehan seksual.

Beberapa wanita mengaku menjadi korban pelecehan seksual oleh Bill Cosby di masa lalu. Seorang mantan supermodel era 1980-an, Janice Dickinson, sempat membuat pengakuan mengejutkan di depan publik. Dalam acara Entertainment Tonight pada 18 November 2014, Janice yang diwawancarai Kevin Frazier, mengaku diperkosa Bill Cosby pada tahun 1982.

Us Weekly, menceritakan bahwa perkenalan Janice Dickinson dengan Bill Cosby dimulai saat agennya mengatur pertemuan untuk satu peran bagi Janice di The Cosby Show. Keduanya lalu bertemu lagi setelah Janice keluar dari pusat rehabilitasi obat-obatan. Bill mengundang Janice ke Lake Tahoe dan menawari pekerjaan sambil memberi nasihat karier kepada Janice.

Bill Cosby saat dibawa ke pengadilan atas kasus pelecehan seksual. (foto: vanityfair)

Saat itulah, Bill Cosby mengajaknya makan malam, memberinya minuman anggur merah dan sebuah pil yang dibilang untuk mengobati sakit menstruasi. Janice Dickinson bercerita, setelah minum pil itu ia kehilangan kesadaran. "Besoknya, saya bangun, tidak pakai baju. Dan saya ingat, sebelum saya pingsan, pria itu (Bill Cosby) telah melakukan pelecehan seksual pada saya," katanya. "Sebelum saya bangun, hal terakhir yang saya ingat, Bill Cosby memakai handuk kimono, ia lalu melepasnya dan berada di atas tubuh saya."

Selain itu, penyerangan seksual terhadap seorang pegawai di Temple University pernah dilakukan oleh Cosby. Dakwaan langsung dilayangkan kepada Cosby pada 31 Desember 2015. People menyebut kejahatan sang komedian kepada wanita bernama Andrea itu terjadi pada Januari 2004.

Beberapa wanita yang nyaris diperkosa Bill Cosby juga memberi pengakuan ke publik. Setidaknya, ada lebih dari 50 wanita yang menjadi korban kejahatan seksual komedian ini. Seorang wanita 55 tahun sempat mengatakan pada Desember 2014 bahwa ia pernah diperkosa di Playboy Mansion pada tahun 1974 saat masih berusia 15 tahun.

4 dari 7 halaman

John Travolta

John Travolta

Penyanyi sekaligus aktor beken John Travolta telah tiga kali dituntut dalam kasus pelecehan seksual. Salah satunya berasal dari pria bernama Fabian Zanzi yang bekerja sebagai pelayan kapal pesiar Royal Caribbean. Zanzi mengaku telah dilecehkan secara seksual oleh bintang Face Off tersebut pada 2009.

Zanzi mengungkapkan ketika itu ia sedang membawakan hidangan. Saat John meminta lehernya dipijat, tiba-tiba mendorong Zanzi hingga ke suatu sudut. John ketika itu sempat membuka seragam Zanzi dan menawarinya uang sebanyak USD 12 ribu jika mau melayaninya dan tutup mulut.

top10for.com

Pengacara John Travolta, Marty Singer, membantah tudingan tersebut dan menganggapnya sebagai lelucon murahan Zanzi untuk mencari sensasi demi popularitas. "Ini tuduhan murahan, mereka hanya mencari sensasi saja," katanya, seperti dilansir Digital Spy pada 26 Juni 2012.

Zanzi menjadi tukang pijat ketiga yang menuntut John atas klaim pelecehan seksual. Sebelum Zanzi, tuntutan pelecehan seksual kepada John juga datang dari dua pria pemijat yang mengaku telah dilecehkan. Kedua pria itu menuntut uang senilai USD 2 juta. Mereka memiliki kisah yang sama dan pengacara yang sama, Okorie Okorocha.

Meskipun begitu, Aktor John Travolta akhirnya bernafas lega. Fabian Zanzi resmi membatalkan gugatan pelecehan seksual terhadapnya. Travolta juga menjadi salah satu aktor yang dianggap gay.

5 dari 7 halaman

Ian Watkins (Vokalis Lost Prophets)

Ian Watkins (Vokalis Lost Prophets)

Ian David Karslake Watkins, mantan vokalis band Lostprophets yang akrab disapa Ian Watkins, sempat ditangkap polisi pada Desember 2012 lalu. Ia dituduh mencabuli anak-anak di bawah 13 tahun serta terlibat distribusi gambar tidak senonoh anak-anak di bawah umur.

Watkins akhirnya dijatuhi hukuman 35 tahun penjara atas tindak pelecehan seksual yang telah dilakukannya. Selain itu, ia juga harus menjalani enam tahun masa percobaan setelah bebas agar sikapnya bisa terpantau. BBC menyebutkan pada 18 Desember 2013 bahwa hukuman tersebut diberikan setelah Ian dinyatakan bersalah pada November 2013 lalu atas 13 dakwaan.

Dari balik jeruji, Ian Watkins mungkin akan beberapa kali mengenang kehebatannya saat beraksi di depan ribuan (mantan) penggemarnya.

Lebih miris lagi, salah satu di antara tuduhan itu melibatkan percobaan pemerkosaan terhadap seorang balita. Ia didakwa karena melakukan tindak seksual kepada bayi berusia 1 tahun. Lostprophets yang terbentuk 1997 pun langsung menyatakan bubar pada 1 Oktober 2013. Lewat akun Facebook mereka, para personil mengaku kecewa dan marah karena tindakan Ian yang tidak mereka ketahui sebelumnya.

6 dari 7 halaman

Arnold Schwarznegger

Arnold Schwarznegger

Tentu sosok Arnold Schwarznegger sudah tidak asing lagi di mata pecinta film Hollywood. Pada 2003 lalu, enam orang wanita mengaku pernah menjadi korban pelecehan seksual aktor franchise Terminator itu. Mereka menyebut Arnold telah menyentuh tubuh keenamnya tanpa persetujuan.

Dalam sebuah wawancara bersama Times, tiga dari wanita itu mengaku sangat terkejut dan merasa tidak nyaman ketika Schwarzenegger memegang payudara mereka. Wanita keempat berkata bahwa Arnold juga menggerayangi bagian bawah roknya sambil menyambar bokongnya.

Adegan Arnold Schwarzenegger yang meregangkan tangan robotnya, mengakhiri teaser trailer Terminator Genisys ini.

Wanita kelima berkata bahwa Arnold Schwarzenegger meraba-rabanya dan mencoba untuk melepas baju renangnya di lift hotel. Wanita keenam mengaku Arnold menariknya ke pangkuan sang aktor sambil bertanya apakah ada tindakan seksual yang pernah dilakukan kepada sang wanita.

Menurut laporan dari para wanita itu, salah satu insidennya terjadi di tahun 1970-an, dua pada tahun 1980-an, dua lagi di tahun 1990-an, dan yang terakhir pada tahun 2000.

7 dari 7 halaman

Michael Jackson

Michael Jackson

Kepopuleran Michael Jackson tentu tak perlu dipertanyakan lagi. Mendiang King of Pop yang meninggal pada 25 Juni 2009 itu, telah mencetak banyak hits serta memiliki fanbase paling banyak di seluruh dunia. Namun kasus pelecehan seksual pernah mencoreng nama baiknya.

Pada 2003 lalu, sejumlah polisi mengepung kediaman Michael Jackson di Santa Barbara, California, Amerika Serikat. Laporan pelecehan seksual dari Jacko (sapaan Jackson) melibatkan anak laki-laki berusia 12 tahun. Polisi penyelidik diterjunkan dengan jumlah sekitar 60 hingga 70 personel dari Kepolisian Santa Barbara.

Kasus pelecehan Michael Jackson itu sebenarnya sudah terungkap sejak lama. Kontroversi semakin merebak sejak Jackson memutuskan untuk memelihara tiga anaknya tanpa sosok ibu. Anehnya, aksi tak lazim ini ditayangkan di stasiun televisi Fox.

Michael Jackson (USA Today)

FBI pernah merilis arsip kasus-kasus Michael Jackson selama 17 tahun terakhir yang berisi penyelidikan dugaan pelecehan seksual oleh Jacko terhadap anak-anak. "Jacko dibebaskan dari segala tuduhan. Berkas perkara tersebut dipublikasikan atas permintaan Freedom of Information Act menyusul kematian Jacko pada Juni 25 lalu," tulis laporan FBI pada 22 Desember 2009.

Namun meskipun sudah tiada dan ditutup FBI, beberapa kasus pelecehan seksual yang melibatkan Michael Jackson semasa hidupnya masih belum terselesaikan. Pada 1 Mei 2013, teman masa kecilnya, Wade Robson, menggugat King of Pop itu atas tuduhan yang kurang menyenangkan tersebut.

Robson sebelumnya pernah bersaksi membela Michael atas tuduhan pelecehan seksual terhadap seorang anak kecil. Dirinya mengaku bahwa selama berada di rumah Jacko di Neverland Ranch dan Las Vegas, tak pernah ada kejadian pelecehan.

Namun melalui kuasa hukumnya, Robson akhirnya mengadu kalau dirinya pernah dilecehkan oleh jacko saat usianya masih sekitar delapan atau sembilan tahun. Contact Music pada 8 Mei 2013 menyampaikan bahwa salah satu mantan pengurus rumah Jacko, Blanca Francia, bersaksi kalau dirinya menyaksikan Jacko berada di kamar mandi bersama Robson.