Sukses

Kematian Tragis Kang Doo Ri dan Artis Korea Lainnya

 

Liputan6.com, Seoul - Dunia Hiburan Korea Selatan Dikenal Keras

Tak Bunuh Diri, tapi Alami Gangguan Mental

Artis cantik Korea Kang Doo Ri ditemukan tewas dalam kecelakaan mobil, 14 Desember 2015, di Incheon, Korea Selatan, pukul 04.00 waktu setempat. Awalnya Kang Doo Ri dinyatakan meninggal dunia karena kecelakaan mobil yang merenggut nyawanya.

Namun polisi menemukan fakta mengejutkan. Kang Doo Ri menghabisi nyawanya sendiri. Temuan itu berdasarkan hasil penyelidikan di lokasi. Kang Doo Ri yang baru berusia 22 tahun melakukan debut pada 2010 silam dengan drama Three Brothers. Kang Doo Ri juga beberapa kali muncul dalam Sassy Go Go serta memiliki siaran khusus mokbang (makan lahap secara streaming dan disaksikan orang banyak).

Kang Doo Ri menambah panjang deretan artis asal Negeri Ginseng yang memilih mengakhiri hidupnya. Kemungkinan besar, Kang Doo Ri dilaporkan mengalami Depresi akibat persaingan yang sangat ketat. Sebelum meninggal dunia, Kang Doo Ri sempat menuliskan pesan terakhir yang ditujukan untuk salah satu temannya.

Dari berbagai sumber, kasus bunuh diri di Korea Selatan memang sangat tinggi. Mereka percaya setelah meninggal dunia,mereka akan ke tempat yang lebih baik atau terlahir dengan hidup yang lebih menyenangkan.

Netizen alias pengguna internet pun memberikan berbagai komentar mengenai nasib tragis Kang Doo Ri. Beberapa menyayangkan keputusan nekat Kang Doo Ri untuk mengakhiri hidupnya di usia yang sangat muda. Liputan6.com merangkum dari berbagai forum mengenai komentar netizen.

"Saya tak mengerti mengapa banyak artis muda yang memilih bunuh diri. Padahal, hidup mereka jauh lebih beruntung. Ada banyak anak-anak kurang beruntung, harus bekerja lebih dari 10 jam. Mengapa mereka memaksakan diri menjadi artis terkenal? Siapa yang memberi harapan palsu? Seharusnya mereka mengetahui risiko menjadi artis," tulis pengguna dengan akun . [+26, -8].

"Di usianya yang masih sangat muda. Saya penasaran apa yang menyebabkan Kang Doo Ri memillih mati. Apakah dia benar-benar menderita hingga kehilangan harapan hidup? Sungguh sangat disayangkan," tulis pengguna [+11, -1].

 

Dunia Hiburan Korea Selatan Dikenal Keras

Artis muda seperti Kang Doo Ri harus bersaing ketat dengan beberapa orang yang sudah memiliki nama di dunia hiburan Korea Selatan. Sudah menjadi rahasia umum jika artis di Negeri Ginseng harus diasuh agensi yang akan membantunya.

Kang Doo Ri bukan satu-atunya artis Korea yang memilih bunuh diri. Beberapa tahun sebelumnya kasus serupa telah ditemukan, seperti Sojin 'KARA' yang lompat dari gedung apartemennya, Februari 2015. Netizen mengakui jika menjadi seleb di Korea sangat berat.

"Saya rasa, orang dengan hati yang lemah tidak bisa ikut terjun ke dunia hiburan di Korea. Kau harus kuat untuk bisa bersaing ketat dengan artis yang lebih lama," tulis pengguna [+96, -2] mengungkapkan kenyataan yang ada.

Sojin KARA menghebohkan publik karena memutuskan mengkhiri hidupnya, Februari 2015. Ia dikabarkan mengalami depresi.

"Kau harus kuat untuk bisa bersaing. Untuk bisa masuk ke dunia hiburan, kau hanya perlu banyak keberuntungan dan agensi yang tepat," kata pengguna [+71, -2].

"Tampaknya orang harus mulai mengetahui jika menjadi seleb sangat sulit, khususnya di Korea Selatan. Seleb seolah memiliki dunia lain. Kau harus bisa tersenyum, tertawa, hingga terlihat selalu bahagia saat di depan publik. Mereka lupa jika idola juga manusia biasa. Setiap artis yang terjun ke dunia hiburan di Korea Selatan pernah mengalami perjalanan panjang dan berat," tulis pengguna dengan nama eggraisin.

"Akhirnya masyarakat mulai memberikan penilaian subjektif terhadap idola di Korea Selatan. Mereka juga menentukan stereotipe untuk menjadi seorang idola. Seleb tak boleh mengutuk, terlihat murung, atau hal menyedihkan lainnya. Mereka terus memikirkan kehidupan pribadinya yang telah terenggut atas nama popularitas. Mereka yang tak tahan dengan tekanan itu, akhirnya memilih bunuh diri."

 

Tak Bunuh Diri, tapi Alami Ganguan Mental

Dunia hiburan Korea Selatan dikenal keras dan kejam. Beberapa seleb ternama di Negeri Ginseng pernah mengalami masalah gangguan mental. Beruntung sebelum mereka memutuskan mengakhiri hidupnya, mereka mendapatkan pertolongan.

Padahal, beberapa artis itu sudah memiliki nama di dunia hiburan. Namun mereka tetap merasakan stres dan tekanan di dalam hidupnya. Bayangkan saja, apa yang terjadi dengan artis pendatang baru. Kemungkinan besar tekanan yang datang jauh lebih banyak.

Lee Joon mengaku dirinya sempat mengalami gangguan mental akibat stres.

Salah satunya, Lee Joon. Mantan personel boyband MBLAQ yang kini terjun sebagai aktor mengaku dirinya pernah mengalami ganguan mental. Lee Joon mengungkapkan dirinya menderita insomnia atau kesulitan untuk tidur.

Menurut Lee Joon, insomnia yang ia derita akibat stres dan juga bipolar. Lee Joon memiliki kondisi psikis yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang sangat ekstrem, (bipolar) yang berlawanan yaitu kebahagiaan (mania) dan kesedihan (depresi) mendadak.

Lee Byung Hun juga pernah mengalami gangguan mental saat dirinya mulai tertekan.

Aktor Korea yang juga terjun ke ranah internasional, Lee Byung Hun, mengakui dirinya mengalami depresi dan panic attacks. Ia menyebut dirinya akan kesulitan bernapas disertai jantung yang berdegup kencang saat merasa sangat takut dengan kecemasan yang ada di dalam pikirannya.

Meski depresi yang ia derita telah menghilang, ia masih harus berhadapan dengan panic attacks. Semua itu terjadi jika Lee Byung Hun berada di kerumunan bersama orang-orang yang tak ia kenal.

(Des)**