Sukses

Suanggi, Film yang Bercerita Ilmu Hitam Tidore

Diangkatnya cerita rakyat Indonesia bagian Timur ini, yang kini tengah menjalani syuting adalah sebagai informasi bahwa Suanggi masih ada.

Liputan6.com, Jakarta Suanggi adalah sebuah kesombongan yang muncul dari emosi  berlebihan. Penyebabnya   karena rasa iri. Itulah yang menjadi latar belakang Produser Ade Muhamad Nur mengangkat film bertitel 'Suanggi'. Film yang dibintangi Debi Sexiola, Yati Surahman, Doli Martin dan Fivey ini, mengambil kisah tentang ilmu hitam yang dimiliki masyarakat Tidore, Maluku utara, Indonesia Timur.

"Suanggi itu, suatu ilmu hitam yang muncul tiba-tiba disaat seseorang  mengalami emosi yang berlebihan. Dan suanggi itu, suatu ilmu yang didapat lewat proses belajar dan didapat dari turunan," ucap  Produser Ade Muhamad Nur yang juga Ketua  FPMM DPD Timur  Dan Sekjen FB. LMP beberapa waktu lalu di kantornya, Jakarta Timur.

"Jadi di Tidore Maluku Utara, Indonesia bagian Timur, Suanggi itu hingga kini masih ada. Dan film ini, akan kita angkat sesuai peristiwa sebagaimana adanya," terang Ade Muhammad.

Diangkatnya cerita rakyat Indonesia bagian Timur ini, yang kini tengah menjalani syuting adalah sebagai informasi bahwa Suanggi masih ada di negara kita. "Sebagai informasi bahwa ilmu kesaktian  tersebut masih ada, layaknya leak di Bali" kilahnya.

 Suanggi  bermula dari teror penganut ilmu hitam. Disaat emosi berlebihan, kesombongan karena iri, timbulah suanggi. Berperan sebagai Suanggi adalah Doli Martin. Ia murka karena cintanya ditolak  pihak wanita. Dan dia pun menjadi Suanggi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.