Sukses

PREDIKSI OSCAR 2015: Efek Visual Terbaik

Dari lima film yang masuk nominasi kategori Efek Visual Terbaik, mana menurut wartawan kami yang akan menang Oscar 2015?

Liputan6.com, Jakarta Di ajang Academy Awards atau Oscar kategori Efek Visual Terbaik terbilang favorit penonton. Sebab, di kategori ini film-film box office yang disuka penonton kebanyakan diberi tempat.

Jika kategori Film Terbaik, Aktor atau Aktris Terbaik, serta Sutradara umumnya diisi film-film kelas festival, kategori Efek Visual Terbaik biasanya diisi film-film blockbuster musim panas.

Di ajang Oscar tahun ini, kategori Efek Visual Terbaik diisi Captain America: The Winter Soldier, Dawn of the Planet of the Apes, Guardians of the Galaxy, Interstellar, X:Men: Days of Future Past.

Semua film di atas masuk daftar 20 film terlaris tahun kemarin di Amerika Serikat dengan pendapatan antara di atas  
USD 180 juta hingga USD 300 juta. Membuat efek visual yang canggih sudah biasa bagi Hollywood. Maka pemenang kategori ini ditentukan dari terobosan baru apa yang disuguhkan.

Dari lima film di atas yang masuk nominasi kategori Efek Visual Terbaik, mana menurut wartawan kami yang akan menang?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pilihan I

Interstellar

Sebetulnya, seperti semua film karya Christopher Nolan lainnya, yang lebih ditonjol dari Interstellar adalah konsep cerita. Di film ini, Nolan berandai-andai seperti apa perjalanan melintasi ruang dan waktu antar-bintang di masa depan. Pencapaian yang dilakukannya bukan seperti apa planet yang ditinggali manusia di bintang nun jauh di sana, melainkan seperti apa wujud teori-teori fisika--macam lubang hitam, lubang cacing--yang biasanya berwujud persamaan-persamaan penuh angka divisualkan ke hadapan penonton. (Ade)

3 dari 4 halaman

Pilihan II

Guardians of the Galaxy

Melihat ketatnya Academy Awards ke-87, rasanya semua yang masuk kategori Efek Visual Terbaik layak untuk menang. Tapi, dari sekian banyak film yang dinobatkan di situ, Guardians of the Galaxy dirasa layak memenangkannya. Alasannya, film garapan Marvel Studios itu menyajikan detail karakter Groot dan Rocket Raccoon dengan sangat baik hingga seolah menyatu dengan para aktor maupun aktris manusia. Ditambah lagi, kemegahan planet Xandar disajikan secara luar biasa. Adegan pertarungan serta kejar-kejaran pesawat dalam film pun tidak membuat kita pusing. Sehingga, rasanya janggal kalau Guardians of the Galaxy tidak mendapatkan Piala Oscar 2015. (Ruly)

4 dari 4 halaman

Pilihan III

Dawn of the Planet of the Apes

Ketika melihat Andy Serkis di film Dawn of the Planet of the Apes, hal pertama yang terlintas di pikiran saya adalah seberapa besar kemungkinan pemeran Caesar tersebut memperoleh tempat di Academy Awards 2015. Pasalnya, ini bukan pertama kalinya pria kelahiran 20 April 1964 itu memperlihatkan aksi memukau lewat teknik motion-capture. Hal itu terbukti dengan ingatan kuat para penikmat film soal kelihaiannya memerankan karakter Gollum di franchise The Lords of the Rings. Sayang, di luar segala detail serta ekspektasi yang terlalu tinggi, semua kerja keras Andy Serkis beserta tim produksi ternyata hanya mampu duduk di satu kategori saja yakni Best Visual Effect. Karena itu, jika kalau harus kalah di tahun ini, rasanya akan agak sulit bagi saya untuk menerima kenyataan tersebut. (Feby)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.